Anies: DKI Saling Support dengan PUPR untuk Naturalisasi dan Normalisasi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 16:12 WIB
Ilustrasi banyaknya bangunan berdiri di tepi Ciliwung yang mempersempit badan sungai. (Agung Pambudhy/detikcom)
Ilustrasi banyaknya bangunan berdiri di tepi Ciliwung yang mempersempit badan sungai. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tidak ada konflik dalam pelaksanaan program naturalisasi dan normalisasi Sungai Ciliwung. Baik naturalisasi maupun normalisasi sungai merupakan program pencegahan banjir di Jakarta.

"Saya juga dengan Pak Basuki (Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) (bertemu), semua program akan kita saling support, dan beliau juga sampaikan mana-mana yang naturalisasi, kami bantu. Mana-mana yang normalisasi, kami bantu. Jadi nggak ada itu yang namanya dikonflikkan di kita," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (8/1/2020).


Diketahui, konsep normalisasi sungai dicetuskan saat Joko Widodo (Jokowi) menjadi Gubernur DKI Jakarta. Normalisasi sungai adalah upaya meningkatkan kapasitas sungai agar bisa menampung lebih banyak debit air. Lewat konsep ini, sungai akan dilebarkan dan pada bagian tepi dipasang beton (sheetpile).

Sementara naturalisasi sungai tidak menggunakan beton. Naturalisasi adalah upaya mengembalikan fungsi sungai seperti aslinya.


Selanjutnya
Halaman
1 2