Seputar Meghan Markle-Harry yang Mundur dari Kerajaan Inggris

Lusiana Mustinda - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 15:17 WIB
Meghan Markle dan Pangeran Harry mundur dari Kerajaan Inggris. (AP Photo/Alastair Grant, File)
Jakarta - Meghan Markle dan Pangeran Harry memutuskan mundur sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris. Ada beberapa hal seputar keputusan mereka yang mengejutkan. Apa saja, ya?

Keputusan adik Pangeran William ini membuat geger dunia maya. Keputusannya mundur dari kerajaan Inggris pun membuat banyak orang terkejut, termasuk Ratu Elizabeth II.


Disebut ingin mandiri secara finansial, Meghan Markle dan Harry sudah mempertimbangkannya selama berbulan-bulan.

Berikut beberapa hal mengejutkan terkait keputusan Meghan Markle dan Pangeran Harry mundur dari keluarga kerajaan Inggris:

1. Ingin Mandiri

Meghan Markle dan Pangeran Harry mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris dengan alasan akan mandiri secara finansial, namun masih mendukung kebijakan Ratu Elizabeth II.

Bersama sang anak, Archie Harrison Mountbatten-Windsor yang berusia 8 bulan, Meghan Markle dan Pangeran Harry akan membagi waktunya antara Inggris dan Amerika. Keduanya akan tetap melaksanakan tugas untuk Ratu Elizabeth II dan petugas kerajaan.

Meghan Markle dan keluarga Kerajaan Inggris.Meghan Markle dan keluarga Kerajaan Inggris. (Paul Grover/WPA Pool/Getty Images)


2. Tetap Menggunakan Fasilitas Kerajaan

Meskipun sebelumnya disebut keduanya akan mandiri secara finansial dan menetap di Kanada, Amerika Utara, tempat kelahiran Meghan Markle, Meghan Markle dan Harry tetap menggunakan pengawal yang dibayar dengan uang pajak. Itu sebabnya, banyak orang yang menilai hal ini sangat bertolak belakang dengan alasan mereka untuk mandiri secara finansial.

3. Tinggalkan Sokongan Dana?

Meskipun keluar dari Kerajaan Inggris, apakah Meghan Markle dan Harry dapat menghidupi kehidupannya tanpa sokongan dana dari Ratu Elizabeth II? Pasalnya, Ratu Elizabeth mendapatkan upah setiap tahunnya sebesar 82 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,4 triliun. Dana ini didapatkan sang ratu dari pajak rakyat sebagai upah menjadi "Sovereign Grant".

Uang tersebut kemudian dialokasikan di antaranya untuk Pangeran Harry dan kakaknya, Pangeran William. Pangeran William mendapatkan sekitar 5 juta pound sterling atau sekitar Rp 91 miliar. Jika Pangeran William mendapatkan dana lebih besar, Daily Mail meyakini Pangeran Harry kira-kira mendapatkan dana sekitar 2 juta pound sterling atau sekitar 36 miliar.

Pangeran Harry dan Meghan Markle.Pangeran Harry dan Meghan Markle. (DANIEL LEAL-OLIVAS/WPA Pool/Getty Images)

4. Jadi Perbincangan Netizen

Pengumuman mundurnya pasangan Duke dan Duchess of Sussex itu membuat jagat dunia maya terkejut. Netizen memberikan pelesetan yang menghubung-hubungkan mundurnya Meghan Markle dan Pangeran Harry dengan Brexit (British exit) menjadi Megxit (Meghan exit).

Penggemar Meghan dan Harry pun banyak yang mengungkapkan kekecewaan atas keputusan mereka di media sosial.


5. Mengecewakan Ratu Elizabeth II

Segala upaya telah dilakukan oleh Kerajaan Inggris untuk membahagiakan keluarga Pangeran Harry dan Meghan Markle. Namun sang nenek, Ratu Elizabeth II, merasa sangat kecewa karena keduanya tidak membicarakannya terlebih dulu dengan pihak kerajaan, tetapi langsung mengumumkannya melalui Instagram resmi mereka @sussexroyal.

Awalnya, keputusan Meghan dan Pangeran Harry ini memang tak mendapat restu dari Ratu Elizabeth II.




Simak Video "Netizen Komentari Keputusan Harry-Meghan Mundur dari Kerajaan"

[Gambas:Video 20detik]

(lus/erd)