Kolaborasi Kemdikbud x Netflix: Pelatihan ke Hollywood hingga Kompetisi Film

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 14:41 WIB
Foto: Mendikbud Nadiem Makarim kolaborasi dengan Netflix (Rahel/detikcom)
Jakarta - Ada kabar baik buat kamu yang tertarik dunia film dan selama ini terinspirasi dari film-film serta serial dari Netflix. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berkolaborasi dengan Netflix untuk mengadakan pelatihan penulisan skenario hingga kompetisi film pendek.

Hal ini disampaikan oleh Mendikbud Nadiem Makarim saat jumpa pers di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (9/1/2020). Hadir pula Managing Director Netflix Asia-Pacific Kuek Yu Chuang hingga sutradara Timo Tjahjanto dan produser Sheila Timothy.



Salah satu bentuk kolaborasinya adalah pelatihan untuk penulis skenario Indonesia. Mereka nantinya akan dikirim ke Amerika Serikat.

"Nah ini adalah makanya inisiatif pertama kami senang sekali mengumumkan bahwa Netflix akan mengadakan pelatihan kepada terpilih 15 scriptwriter indonesia akan dikirim ke Hollywood, bapak-bapak ibu-ibu, dikirim ke Hollywood untuk dilatih dalam konteks scriptwriting dan film science ya," kata Nadiem.

Kolaborasi Kemdikbud x Netflix: Pelatihan hingga Kompetisi Film PendekFoto: Mendikbud Nadiem Makarim kolaborasi dengan Netflix (Rahel/detikcom)


Tidak hanya itu, Netflix juga akan memberikan workshop pelatihan bagi 100 scriptwriter di Indonesia. Kemudian menyediakan dana 1 juta USD untuk pelatihan-pelatihan tersebut.

"Dan Netflix telah berkomitmen, terima kasih Netflix sudah ada komitmen sebesar 1 juta dolar US untuk pembangunan kapasitas kreativitas, itu tadi di LA mengenai scriptwriter kita. Dan juga akan juga mengadakan workshop di Indonesia dengan 100 penulis untuk melanjutkan pola pelatihan itu," kata Nadiem.



Kolaborasi lainnya berupa kompetisi film pendek yang mengambil tema Pancasila. Hal ini juga dimaksudkan untuk memajukan perfilman di Indonesia.

"Di luar itu pun akan ada kompetisi film pendek yang akan diselenggarakan oleh Netflix dan temanya adalah asas-asas Pancasila dan itu sangat exciting juga bagi kami untuk melihat talenta-talenta kita seperti apa film-film pendek ini dan akan ada hadiah produksi, budget produksi sebesar 600 ribu dollar ya, dan itu cukup lumayan ya untuk membuat film-film pendek itu," kata Nadiem.

Menurut Nadiem, Netflix memiliki peran besar dalam mendistribusikan film dan kebudayaan Indonesia ke dunia internasional. "Nah itu kenapa penting Netflix, karena Netflix itu skala distribusinya global sehingga, apalagi cara kita untuk menunjukkan telanta perfilman indonesia kalau tidak melakui Netflix, baik juga film-film festival lain tapi distribusi Netflix sangat besar," ujar Nadiem. (imk/imk)