Doa untuk Perdamaian agar Tak Terjadi Perang Dunia Saat Iran Vs USA Bersitegang

Lusiana Mustinda - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 14:25 WIB
Doa untuk perdamaian Iran dan Amerika Serikat. Foto: Getty Images
Jakarta - Konflik antara Iran dan Amerika Serikat kian memanas. Hal ini disebut dapat memicu terjadinya perang dunia ketiga. Umat muslim bisa mengamalkan doa ini untuk perdamaian dunia agar tidak terjadi perang dunia ketiga.

Terbunuhnya jenderal top Iran, Qasem Soleimani pada Jum'at (3/1/2020) dalam sebuah serangan rudal AS di Bandara Internasional Baghdad, Irak menjadi pemicu Iran melakukan aksi balas dendam. Iran pun menghujani markas pasukan AS dan sekutunya di Irak dengan puluhan rudal pada Selasa (7/1/2020) pukul 17.30 waktu Amerika Serikat.



Nabi Ibrahim Alaihissalam seperti tercantum dalam Al Qur'an pernah membaca doa agar negaranya aman, sentosa, damai dan diberkahi rezeki. Doa Nabi Ibrahim yang tertuang dalam Surat Al-Baqarah ayat 126 yaitu:
رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ



Latin: Rabbij'al hâdzâ baladan âminan warzuq ahlahû minats tsamarâti man âmana minhum billâhi wal yaumil âkhir

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian." (QS. Al-Baqarah [2]: 126)

Menurut sejarahnya, Nabi Ibrahim beberapa kali pindah tempat tinggal. Mulai dari Babilonia, Suriah hingga Palestina lalu ke Makkah. Dari semua tempat Makkahlah jadi tempat yang paling dicintai Nabi Ibrahim. Beliau selalu berdoa agar kota Makkah selalu diberikan kedamaian, tidak ada perang dan dipenuhi oleh orang-orang beriman.

Selain doa Nabi Ibrahim, ada juga doa Nabi Muhammad SAW memohon dihindarkan dari segala bencana:


Latin: Robbi imma turiyannii maa yuu 'aduun. Robbi falaa taj 'alnii fil qowmizh zhoolimiin.

Artinya: "Ya Tuhan, jika Engkau sungguh-sungguh hendak memperlihatkan kepadaku azab yang diancamkan kepada mereka ya Tuhanku, maka janganlah Engkau jadikan aku berada di antara orang-orang yang zhalim." (QS. Al Mukminum: 93).


Semua tentu berharap agar tak terjadi perang dunia ketiga akibat memanasnya hubungan Iran dengan Amerika Serikat. Harapan dengan disertai doa untuk perdamaian.




Simak Juga "#IranvsUSA Jadi Trending Topic di Twitter"

[Gambas:Video 20detik]



(lus/erd)