Mahfud Md: SK Tim Saber Pungli Diperpanjang hingga April, Akan Dievaluasi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 14:22 WIB
Mahfud Md (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md memperpanjang Surat Keputusan (SK) Saber Pungli yang sudah habis. Evaluasi kinerja dan tata hukum pun dilakukan sampai masa perpanjangan SK tersebut selesai.

"Saber pungli SK-nya sudah habis per 31 Desember dan diperpanjang lagi dulu sampai April. Paling lama sampe April karena kita akan evaluasi dulu kinerjanya dan tata hukumnya," kata Mahfud setelah melaksanakan rapat tertutup di kantor Kemenko Polhukam, Kamis (9/1/2020).



Mahfud menuturkan nantinya SK tersebut akan diperbarui lagi setelah dilakukan evaluasi menyeluruh. Saber pungli, disebut Mahfud, merupakan bagian dari unit pemberantasan korupsi yang kewenangannya ada di eksekutif.

"Sehingga nanti akan diperbarui lagi sekitar Maret atau April. Jadi sekarang saber pungli itu sebagai unit pemberantasan korupsi, tetapi scope-nya ada di eksekutif karena lebih banyak pada tenaga-tenaga administrasi dan kepegawaian itu kan eksekutif. Nah yang pungli-pungli itu ditangkepin oleh saber pungli selama ini," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2