Karangan Bunga Duka Atas Tewasnya Soleimani Berjejer di Kedubes Iran di Jakarta

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 12:12 WIB
Foto: Karangan Bunga Duka Atas Tewasnya Soleimani Berjejer di Kedubes Iran (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Karangan bunga duka berjejer di Kedutaan Besar Iran di Jakarta. Karangan bunga ini berisi ucapan belasungkawa atas tewasnya Komandan Pasukan Quds pada Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani yang tewas dalam serangan drone Amerika Serikat.

Pantauan detikcom di kantor Kedubes Iran, Jalan HOS. Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/1/2020), pukul 10.50 WIB, sejumlah karangan bunga tersebut berada di depan Kedubes Iran. Ada sekitar 25 karangan bunga yang ada di sana.


Karangan bunga tersebut bertuliskan ungkapan bela sungkawa yang mengatasnamakan beberapa elemen masyarakat. Mulai dari kalangan alumni kedokteran hingga sejumlah yayasan.

Karangan Bunga Duka Atas Tewasnya Soleimani Berjejer di Kedubes IranFoto: Karangan Bunga Duka Atas Tewasnya Soleimani Berjejer di Kedubes Iran (Jefrie/detikcom)


Sekuriti Kedubes Iran, Atang, mengatakan karangan bunga ini sudah mulai berada di depan Kedubes Iran sejak hari Selasa (7/1). Dia mengatakan satu per satu karangan bunga itu datang.

"Hari Selasa sama Rabu, 2 hari, tanggal 7," kata Atang kepada detikcom di depan kantor Kedubes Iran.


Dia mengatakan hingga hari ini belum ada karangan bunga lain yang datang. Karangan bunga terakhir, katanya, datang pada sore kemarin.

"Tanggal 7 paling pagi ada 4 (karangan bunga). (Karangan bunga terakhir datang) jam 09.00 sampai jam 17.00 WIB," ungkapnya.

Karangan Bunga Duka Atas Tewasnya Soleimani Berjejer di Kedubes IranFoto: Karangan Bunga Duka Atas Tewasnya Soleimani Berjejer di Kedubes Iran (Jefrie/detikcom)


Atang mengatakan, setiap karangan bunga yang ditaruh di depan Kedubes Iran, terlebih dahulu dilaporkan ke dirinya. Lalu lintas di sekitar Kedubes Iran nampak ramai lancar.

Jenderal Soleimani tewas saat militer AS menyerang Bandara Internasional Baghdad, Irak pada Jumat (3/1) lalu. Serangan udara itu menewaskan Jenderal Soleimani dan tokoh militer Irak, Abu Mahdi al-Muhandis, yang merupakan wakil komandan milisi Hashed al-Shaabi yang pro-Iran. (jef/imk)