Besok, Bawaslu Juga Panggil Sekda Sulteng karena Manuver Ikut Pilgub

M Qadri - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 23:11 WIB
Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husein (M Qadri/detikcom)
Palu - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) Hidayat Lamakaret akan dipanggil dan diperiksa oleh Bawaslu terkait dugaan pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN) menjelang Pilkada 2020. Pemanggilan itu berdasarkan laporan dari Pengawasan Pemilu Se-Sulteng.

"Kamis besok sekitar pukul 14.00 Wita, terhadap Hidayat Lamakarate akan dilakukan pemeriksaan di Kantor Bawaslu Sulteng, pemanggilan ini serupa terkait pemeriksaan kepada dua bakal cagub Pilkada 2020 siang tadi karena dugaan keterlibatan ASN dalam pelanggaran," kata Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husein di Kantor Bawaslu Sulteng, Jl Sungai Moutong, Palu, Rabu (8/1/2020).


Sebelumnya, Bawaslu Sulteng melakukan pemeriksaan keterangan dan klarifikasi kepada 2 ASN yang terlibat menjelang Pilgub Sulteng. Mereka ialah Kepala BPBD Sulteng Bartholomeus Tandigala dan Kepala Bappeda Sulteng Hasanudin Atjo.

Bawaslu Sulteng akan memeriksa ketiga pejabat Pemprov Sulteng tersebut. Ruslan mengatakan, jika ada pelanggaran, akan dilanjutkan dalam penanganan pelanggaran pemilu.

"Mereka adalah ASN aktif, atas laporan yang diperoleh, kami akan memeriksa yang bersangkutan kemudian dilakukan langkah pencegahan, setelah itu dari hasil pemeriksaan keterangan, akan dirapatkan lagi pada rapat pleno. Dan jika terpenuhi pelanggaran syarat formil dan materiil, itu akan ditingkatkan dalam proses penanganan pelanggaran," ungkap Ruslan.