Bacok Anggota TNI, Warga Musi Banyuasin Dibekuk di Jambi

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 22:00 WIB
Pelaku pembacokan anggota TNI. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Polres Musi Banyuasin dan Polda Sumatera Selatan menangkap HR (35) di wilayah Jambi. HR ditangkap tim gabungan setelah membacok Kopda Edi Wijayanto.

"Benar bahwa satu pelaku pembacokan seorang anggota TNI telah ditangkap di Jambi kemarin. Ini setelah pelaku buron selama sepekan," ujar Kapolres Musi Banyuasin AKBP Yudhi Markus Pinem, Rabu (8/1/2020).

Yudhi mengatakan aksi pembacokan yang dilakukan HR terhadap Kopda Edi terjadi pada Sabtu (28/12/2019). Pembacokan di kafe Ladies, Babat Supat, sekitar pukul 20.00 WIB.

"Ini terjadi karena salah paham saja dan saat itu korban juga tidak pakai pakaian dinas. Korban luka di bagian punggung dan tangan setelah dibacok oleh pelaku pakai parang panjang," katanya.

Melihat korban mengalami luka, pelaku pun kabur meninggalkan lokasi. Pelaku akhirnya dapat ditangkap tim gabungan Polda Sumsel, Polres Musi Banyuasin, dan Resmob Polda Jambi, Selasa (7/1).

Setelah ditangkap, warga Desa Letang, Dusun Supat Timur, Kecamatan Babat Supat, ini pun mengakui perbuatannya. HR mengaku tidak tahu korban adalah anggota Arhanud TNI AD.

Secara terpisah, Kasubdit Jatanras Polda Sumsel Kompol Suryadi menyebut kasus ini sudah menjadi atensi. Hingga HR pun akhirnya ditangkap di Jambi.

"Ini atensi dan kita backup bersama tim dari Polda Jambi dan Polres. Pelaku ini kami tindak tegas dan terukur (tembak) karena melawan saat ditangkap," tegas Suryadi.

Akibat perbuatannya, pelaku kini ditahan di Polda Sumsel. Ia dijerat Pasal 338 KUHP juncto Pasal 53 KUHP dengan ancaman kurungan penjara di atas 5 tahun setelah ditangkap dan diamankan barang bukti.

"Ditahan di Polda Sumsel, tapi kasusnya yang menangani Polres Musi Banyuasin. Ini ditahan di sini untuk keamanan," kata Suryadi. (ras/fdn)