Anies Siapkan 2 Langkah Antisipasi Dampak Hujan Ekstrem Pertengahan Januari

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 19:39 WIB
Anies Baswedan-Ridwan Kamil rapat di Istana bareng Jokowi. (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta - Jakarta dan daerah penyangganya diprediksi diguyur hujan ekstrem pada pertengahan Januari 2020. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah memiliki langkah antisipasi.

"Pertama, mulai tadi pagi, pompa-pompa mobile kita diarahkan ke pesisir untuk mengantisipasi potensi air pasang. Hari ini ada potensi air pasang," kata Anies di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020).


Dia juga mengatakan posko-posko sudah disiapkan di sejumlah kelurahan. Anies mengatakan posko tersebut bertujuan mempercepat respons jika ada genangan akibat curah hujan ekstrem.

"Kedua, mulai tanggal, itu antisipasi tanggal 10-15 (Januari 2020), kami aktifkan posko-posko seluruh kelurahan melibatkan tiga unsur, yaitu pemerintah, kepolisian dan TNI, dan masyarakat," jelas Anies.


"Ketika ada hujan yang mulai menghasilkan genangan kita sudah bisa langsung respons cepat," sambungnya.

BMKG memperkirakan hujan ekstrem akan terjadi di berbagai wilayah Indonesia dari 5 hingga 15 Januari 2020. Prakiraan cuaca ini membuat Kedubes Amerika Serikat mengeluarkan imbauan kepada warganya yang berada di Jakarta untuk selalu memperhatikan informasi prakiraan cuaca.



25 Ribu Kg Garam Sudah Disebar untuk Modifikasi Cuaca:

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/haf)