Fakta-fakta Angin Monsun yang Bakal Sebabkan Cuaca Ekstrem di Sulsel

Puti Yasmin - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 18:38 WIB
Angin Monsun/Foto: iStock
Jakarta - Angin monsun akan melintasi Sulsel (Sulawesi Selatan) pada 10-12 Januari mendatang. Hal itu pun menyebabkan cuaca ekstrem berupa hujan lebat hingga angin kencang.

Tak hanya Sulsel, wilayah Timur Indonesia juga akan dilintasi oleh angin monsun. Maka dari itu pemerintah daerah Gowa telah mendirikan posko siaga bencana di beberapa titik.

Kasubdit Pelayanan Bidang dan Jasa BMKG Wilayah IV Siswanto menjelaskan saat ini posisi angin monsun Asia adalah 0 hingga 5 derajat khatulistiwa sampai 5 derajat lintang utara. Pergeserannya saat ini dari Selat Karimata dan akan berjalan menuju ke Sulsel.



Lantas, apa itu angin monsun? Berikut fakta-fakta yang dirangkum detikcom:

1. Pengertian

Angin Monsun adalah angin yang berhembus secara periodik (minimal 3 bulan), dan antara periode yang satu dengan yang lain polanya akan berlawanan. Selain itu, jenis angin monsun ada dua, yakni angin monsun Asia dan Angin monsun Australia.

2. Penyebab

Fenomena angin Monsun disebabkan hal alamiah, yakni adanya pergerakan massa udara basah (MGO) di Samudera Hindia yang mengarah ke Timur Indonesia.



3. Dampak

Akibat angin Monsun pertumbuhan awan menjadi sangat intens. Hal ini juga memengaruhi kecepatan angin cukup ekstrem hingga 31 knot sehingga masyarakat diminta untuk berhati-hati.



Tonton video 25 Ribu Kg Garam Sudah Disebar untuk Modifikasi Cuaca:

[Gambas:Video 20detik]



(pay/erd)