Gelar Rapat Bahas Terorisme, Ma'ruf: Kita Ingin Tanggulangi Sejak Hulu-Hilir

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 17:56 WIB
Ma'ruf Amin seusai rapat terbatas membahas terorisme radikal. (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menggelar rapat terbatas bersama sejumlah pimpinan kementerian dan lembaga. Ma'ruf mengatakan rapat ini membahas soal radikal terorisme.

"Kita nyebutnya radical terrorism. Jadi supaya tidak ada, sebab radikal ini kan bisa diartikan macam-macam jadi kita sambungkan saja menjadi radical terrorism," kata Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Jalan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020).


Dia mengatakan pemerintah ingin melakukan penanggulangan potensi terorisme sejak hulu hingga ke hilir. Salah satunya lewat kontra-radikalisasi.

"Intinya kita ingin melakukan penanggalan atau penanggulangan sejak dari hulu sampai ke hilir, dari kontra radikalisasi karena sudah berjalan radikalisasi ini kita siapkan kontranya dalam rangka imunisasi masyarakat melalui upaya-upaya untuk moderasi beragama dan komitmen kebangsaan yang dilakukan oleh semua kementerian dan lembaga," ucap Ma'ruf.

Menko Polhukam Mahfud Md yang hadir dalam rapat ini mengatakan ada 11 pimpinan Kementerian yang mengikuti rapat tersebut. Dia mengatakan tiap kementerian punya cara berbeda-beda dalam penangkalan radikal terorisme.

"Terpenting pesannya pemerintah sekarang sedang menyiapkan langkah-langkah yang lebih operasional. Setiap kementerian tadi sudah ada tugasnya masing-masing mulai dari Mendikbud, Menteri Keuangan, Menteri BUMN, Menkominfo, Menpan RB, dan sebagainya, ada 11, Mendagri, semuanya itu punya tugas," ucap Mahfud.


Simak Video "Polisi Sebut 'Koboi' Lamborghini Tidak Terkait Terorisme"


Selanjutnya
Halaman
1 2