Jaga Kelestarian Lingkungan, Sido Muncul Kelola Limbah Jadi Energi

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 13:21 WIB
Foto: Angga Laraspati/detikcom
Jakarta - Sebagai produsen obat herbal, PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, (Sido Muncul) dikatakan tidak hanya memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai produk, namun juga turut menjaga kelestarian alam dengan mendaur ulang kembali limbah produksi menjadi energi. Hal ini untuk mendukung lingkungan yang tetap terjaga serta bersih.

"Kita melakukan proses air limbah, terus yang kedua penghematan energi dengan menggunakan limbah-limbah padat, sehingga 50% kami gunakan gas dan 50% kita menggunakan limbah padat," ujar Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat saat ditemui di acara pemberian penghargaan Proper di Gedung 2 lstana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (8/1/2020).


Selain itu Irwan juga mengatakan pihaknya juga melakukan kegiatan lainnya untuk tetap menjaga lingkungan ini agar tetap terjaga.

"Kita juga melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar, dan setelah itu kita juga melakukan penghematan air," tutur Irwan.

Ke depannya Irwan mengatakan pihaknya akan tetap menjalankan berbagai usaha untuk menjaga lingkungan agar pada tahun-tahun yang akan datang tidak lagi terjadi kerusakan alam. Dirinya juga mengajak para pengusaha untuk terus berusaha menjaga lingkungan.

"Untuk itu kami pengusaha, kami akan berusaha lebih keras lagi agar tidak terjadi lagi kerusakan lingkungan ke depannya," ungkap Irwan.


Atas upaya menjaga kelestarian alam, Sido Muncul pun mendapatkan penghargaan Program Kerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan kategori hijau. Ini merupakan penghargaan keempat yang diterima oleh Sido Muncul sejak berpartisipasi untuk yang ke-11 kalinya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya pun mengajak kepada peraih penghargaan untuk menjaga lingkungan dengan melakukan CSR terhadap lingkungan.

"Sehubungan dengan kondisi kita saat ini, kondisi ekosistem. Kami berharap dukungan CSR dan inovasi dari perusahaan ini dapat memperbaiki ekosistem dan juga lingkungan kita," kata Siti saat acara penghargaan. (prf/ega)