Laporan dari Tokyo

Prananda Prabowo: Dr HC Ke-9 Megawati Kado Jelang HUT PDIP

Indra Komara - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 12:28 WIB
Megawati Soekarnoputri menerima gelar Dr HC dari Universitas Soka, Tokyo. (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi PDIP Perjuangan, Prananda Prabowo, mengapresiasi pemberian gelar doktor kehormatan (honoris causa) ke-9 dari Universitas Soka, Tokyo, kepada Megawati Soekarnoputri. Dia menilai gelar untuk ibundanya itu sebagai kado menjelang HUT ke-47 PDIP.

"Gelar doktor kehormatan menjadi kado jelang HUT PDI Perjuangan. Saat ini Pimpinan PDI Perjuangan tengah persiapan penyelenggaraan HUT PDI Perjuangan ke-47 dan Rakernas l yang akan dibuka mulai 10 Januari di JIExpo, Jakarta," kata Prananda usai acara seremonial di Universitas Soka, Tokyo, Jepang, Rabu (8/1/2020).


Dalam upacara penganugerahan gelar kehormatan itu, Prananda ditemani istrinya, Nancy Prananda, serta anaknya, Prabhaswara Pranakarno. Prananda menyampaikan perasaan bangga atas penganugerahan ke Megawati.

"Di tengah kesibukan Ibu Ketua Umum mempersiapkan event besar PDI Perjuangan, beliau menerima anugerah gelar doktor kehormatan. Jadi beliau menyempatkan diri hadir di Tokyo dan tadi memberikan orasi ilmiah," kata Prananda.


Megawati usai diberi penganugerahan kemudian menyampaikan pidato ilmiah yang diberi judul 'Pancasila, Kemanusiaan, dan Post-Truth'. Megawati menyinggung makna-makna Pancasila hingga mengungkit aksi teror di Surabaya tahun 2018.

"Pancasila adalah falsafah kemanusiaan. Kemanusiaan adalah nilai yang tidak pernah usang. Meski terkadang dipinggirkan dan dilupakan dalam kehidupan, namun kemanusiaan akan selalu ada. Sejatinya selalu melekat pada diri setiap manusia," katanya.


Prananda kembali menyampaikan gelar yang diberikan kepada Megawati sebagai bentuk pengakuan perguruan tinggi Indonesia dan mancanegara atas perjalanan politik Ketua Dewan Pengarah BPIP tersebut.

"Ibu Ketua Umum memiliki sejarah panjang di pentas politik Indonesia. Atas kiprahnya selama ini, sejumlah perguruan tinggi memberikan gelar kepada beliau. PDI Perjuangan bangga dan berterima kasih," ujar Prananda. (idn/gbr)