Pimpinan DPR Apresiasi Jokowi ke Natuna: Menunjukkan Negara Kita Berdaulat

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 12:02 WIB
Sufmi Dasco Ahmad (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Natuna dalam rangka meningkatkan moral pasukan yang bertugas. Menurut Dasco, Jokowi ingin menunjukkan Indonesia negara berdaulat.

"Terkait dengan kunjungan Pak Jokowi ke sana dalam meningkatkan moral pasukan kita dalam kemudian menunjukkan bahwa kita ini negara yang berdaulat ya kita harus apresiasi," kata Dasco di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/1/2019).


Menurut Dasco, selain kehadiran Jokowi di Natuna, diperlukan jalur diplomasi ke berbagai negara yang berkepentingan terkait wilayah Natuna. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kata dia, dilibatkan soal konflik wilayah Natuna jika diperlukan.

"Yang pertama, menurut saya, cara diplomasi memang harus ditempuh karena kan memang dalam diplomasi ini juga bisa nanti tidak hanya melibatkan G2G, bisa saja nanti jalur diplomasi ini melibatkan beberapa negara yang berkepentingan, misalnya lembaga PBB, saya pikir kalau memang ada ketidaksesuaian karena kita lihat waktu dengan Malaysia putusan arbitrase yang sifatnya mengikat saja tidak dipatuhi kan begitu," ujar Dasco.


Tonton juga Alasan Indonesia Tak Akan Pakai Pendekatan Militer di Natuna :


Selanjutnya
Halaman
1 2