Piring Pelepah Pinang Pengganti Plastik Asal Sumsel Mulai Dipasarkan

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 11:31 WIB
Foto: Piring dari pelepah pinang (Raja Adil-detikcom)
Musi Banyuasin - Produk piring hingga kotak nasi berbahan dasar pelepah pinang buatan warga Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), mulai dipasarkan. Pemkab setempat mengatakan bakal mendukung produk yang dibuat warga tersebut.

"Pelepah pinang yang dikelola menjadi wadah makanan pengganti styrofoam dan plastik ini akan terus diproduksi di Desa Mendis serta berkelanjutan," ujar Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza, Rabu (8/1/2019).

Dodi mengatakan ada sekitar 65 ribu pcs yang telah dipesan. Pemesan, katanya, berasal dari restoran dan pusat kuliner yang berada di luar Sumsel seperti Bali dan Jakarta. Pemkab juga bakal memastikan ketersedian bahan baku dan keterlibatan masyarakat sebagai pengrajin dan dapat dibina bersama ZSL Indonesia.

"Pemkab Muba akan bersinergi bersama pemerintah desa. Intinya yang seperti ini harus terus berkelanjutan, karena produk ini menjawab isu lingkungan khususnya penggunaan plastik di Indonesia selama ini," kata Dodi.


Piring Pelepah Pinang Pengganti Plastik Asal Sumsel Mulai DipasarkanFoto: Piring dari pelepah pinang (Raja Adil-detikcom)




"Kalau bicara pemberdayaan masyarakat desa ya seperti inilah salah satu caranya. Selain berkontribusi untuk menjaga alam kan perekonomian masyarakat desa juga dapat meningkat dengan inovasi seperti ini," kata Dodi lagi.

Dia juga menyebut pemkab bakal melakukan uji klinis untuk produk tersebut. Menurutnya, piring dari pelepah pinang merupakan salah satu produk ramah lingkungan.

"Kita akan libatkan stakeholder terkait untuk dilakukan uji klinis. Termasuk ya bisa mengeksplore produk lainya yang memiliki nilai jual setelah dibuat dari pelepah pinang yang ramah lingkungan seperti ini," katanya.


Tonton juga Abaikan Rambu Larangan Berenang, Pemuda di Pantai Panjang Hilang :


Selanjutnya
Halaman
1 2