Laporan dari Tokyo

Prananda Prabowo Dampingi Megawati Terima Dr HC ke-9 di Tokyo

Indra Komara - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 08:24 WIB
Foto: Megawati Soekarnoputri di Tokyo (Indra Komara/detikcom)
Tokyo - Muhammad Prananda Prabowo dan sejumlah eks menteri Kabinet Gotong Royong mendampingi Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menerima gelar honoris causa dari Universitas Soka. Megawati akan menerima gelar doktor kehormatan ke-9 untuk bidang kemanusiaan.

Megawati beserta rombongan tiba di Universitas Soka, Tokyo, Jepang, Rabu (8/1/2020) pukul 09.20 waktu setempat. Megawati disambut petinggi Universitas Soka dan sejumlah mahasiswa.

"Selamat datang di Universitas Soka," ucap para mahasiswa menyambut kedatangan Megawati.


Megawati lantas diajak untuk melihat pameran foto-foto pertemuan pendiri Soka Gakkai International (SGI), Daisaku Ikeda, dengan sejumlah kepala negara. Termasuk foto momen Daisaku bertemu Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau akrab disebut Gus Dur pada 2002.

"Ini juga ada buku dialog Pak Wahid. Sudah diterbitkan juga di Indonesia," kata Hiroki Shimoide sebagai Direktur Administratif Universitas Soka, melalui penerjemahnya.

Setelahnya, Megawati melakukan pertemuan dengan pimpinan Universitas Soka. Megawati membahas pendidikan di RI.


Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah dan Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery turut mendampingi. Basarah mengatakan gelar honoris causa yang diterima Megawati hari ini juga dinilai sebagai hadiah HUT ke-47 PDIP.

"PDIP sangat berbangga dengan penghargaan ini. Apalagi diberikan menjelang peringatan HUT ke-47 PDIP. Gelar Dr HC yang ke-9 kali ini kepada Bu Mega adalah salah satu hadiah ulang tahun ke-47 PDIP yang terindah" ujar Basarah.


Sejumlah eks menteri Kabinet Gotong Royong era Megawati pada periode 2001-2004 yang turut mendampingi di antaranya eks Menteri Pertanian Bungaran Saragih, eks Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri, serta eks Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro. Adapun Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, eks Wakil Rektor Universitas Indonesia Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bambang Wibawarta.

Sebelumnya, Megawati telah memperoleh gelar Dr HC dari delapan universitas, baik dari Indonesia maupun luar negeri. Kedelapan universitas itu adalah Waseda University, Tokyo, Jepang (2001), Moscow State Institute of International Relations, Rusia (2003), Korea Maritime and Ocean University, Korea Selatan (2015), Universitas Padjadjaran Bandung (2016), Universitas Negeri Padang (2017), Mokpo National University, Korea Selatan (2017), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (2018), serta Fujian Normal University, China (2018). (idn/gbr)