Fakta-fakta OTT Bupati Sidoarjo Saiful Ilah

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 06:42 WIB
Bupati Sidoarjo usai menjalani pemeriksaan di Polda Jatim. (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Jakarta - Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Saiful diamankan di daerah yang dipimpinnya.

"KPK telah mengamankan seorang kepala daerah dan beberapa pihak lainnya di kabupaten Sidoarjo Jawa Timur," kata Ketua KPK Firli Bahuri saat dimintai konfirmasi, Selasa (7/1/2020).

Berikut fakta-fakta terkait OTT Saiful:

- Kepala daerah yang di-OTT Bupati Sidoarjo Saiful Ilah

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, awalnya enggan membenarkan bahwa KPK mengamankan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah. Namun, dibenarkan oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

"Benar (kepala daerah yang di-OTT Bupati Sidoarjo)," ucap Firli. Dia menjawab pertanyaan apakah benar Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang di-OTT KPK.

- Selain Saiful, ada 3 orang lagi yang diamankan KPK

Sebanyak tiga orang tiba di Polda Jatim terkait OTT Saiful. Dua di antaranya merupakan laki-laki, satu orang lainnya perempuan.

- OTT terkait proyek pengadaan

Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan OTT Saiful berkaitan dengan proyek pengadaan barang dan jasa di Pemkab Sidoarjo. Penjelasan soal proyeknya akan disampaikan dalam konferensi pers hari ini.

- Pemeriksaan awal Bupati Sidoarjo digelar di Polda Jatim

Para pihak yang amankan dalam OTT KPK dibawa ke Polda Jatim. Saiful bersama tiga orang lainnya diperiksa intensif di sana.

"Saat ini KPK kerja sama dengan Polda Jatim. Untuk pemeriksaan awal dilaksanakan di Polda Jatim," ucap Firli. (zak/lir)