Round-Up

Postingan Larangan Natal 'Antar' Sudarto ke Kantor Polisi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 22:10 WIB
Sudarto, yang ditangkap karena tulisan larangan Natal. (Jeka/detikcom)
Jakarta - Posting-an aktivis yang memimpin Pusaka Foundation, Sudarto, terkait isu pelarangan perayaan Natal di dua daerah di Sumatera Barat, yakni Kabupaten Sijunjung dan Dharmasraya, berujung penangkapan polisi. Sudarto dituduh menyebarkan informasi yang berpotensi memicu kebencian dan permusuhan SARA.

Informasi mengenai penangkapan Sudarto dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Stefanus Satake Bayu. Sudarto ditangkap siang tadi.

"Sudah tersangka, sehingga yang bersangkutan kita tangkap. Penangkapan di kediamannya di Jalan Veteran Purus padang tadi siang," kata Stefanus kepada detikcom, Selasa (7/1/2020).


Dari penangkapan itu, polisi menyita satu ponsel dan satu buah laptop yang diduga digunakan Sudarto untuk menyebarkan informasi tersebut di media sosial.

Akibat perbuatannya, Sudarto disangkakan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 UU ITE. Posting-an Sudarto dianggap membuat resah dan mengganggu kerukunan hidup beragama yang selama ini terjaga dengan baik di kedua daerah.

"Tersangka dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4