Wabup Pastikan Tanggul di Citayam Bogor Dibangun Tahun Ini

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 21:40 WIB
Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom
Bogor - Tanggul di Perumahan Puri Citayam Permai 2, Bojonggede, Kabupaten Bogor, yang jebol sedang diperbaiki sementara. Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan memastikan pembangunan tanggul di perumahan itu akan dikerjakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tahun ini.

"Tahun ini (pembangunan tanggul) karena itu masuk di dalam bencana daerah," kata Iwan di Kantor BPBD, Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (7/1/2020).

"Karena statusnya bencana, itu bisa tahun ini juga, segera," sambung dia.


Iwan menambahkan, perbaikan tanggul yang dilakukan Dinas PUPR saat ini adalah bentuk penanggulangan atau antisipasi darurat. Namun, untuk pembangunan permanen tanggul ini, Iwan mengaku belum dapat memastikannya kapan selesai dikerjakan.

"Itu akan diselesaikan atau dikerjakan melalui anggaran BTT (Belanja Tak Terduga), ya itu (pembangunan tanggul). Jadi jangan khawatir. Mudah-mudahan di tahun ini selesai," ujar Iwan.

Wabup Pastikan Tanggul di Citayam Bogor Dibangun Tahun IniFoto: Sachril Agustin Berutu/detikcom


Sebelumnya, Ketua RW 22 Perumahan Puri Citayam Permai 2, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Sopingi mengatakan perbaikan tanggul di wilayahnya adalah penanggulangan yang bersifat sementara. Dia pun menyebut, warga khawatir bila tanggul jebol kembali.

"Takutnya jebol lagi, itu saja masih tumpah-tumpah (air). Kalau wilayah Bogor hujan, sudah pasti tumpah. Apalagi kalau air naik, rembesan bukan di satu titik," kata Sopingi ketika ditemui di rumahnya, hari ini.

(aud/aud)