Maksimalkan Pelabuhan Boom Baru Palembang, Kemenhub Buka Layanan Ini

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 20:02 WIB
Foto: Kemenhub
Jakarta -

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan meresmikan ruang jasa Vessel Traffic Services (VTS) dan ruang pelayanan Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) milik kantor Distrik Navigasi Kelas I Palembang.

Kepala Kantor Disnav Kelas I Palembang, Adi Karsyaf mengatakan hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi, baik dalam keselamatan pelayaran maupun pelayanan informasi dan dokumentasi kepada masyarakat.

"Dalam menyambut tahun baru 2020, kami ingin hadir dengan semangat baru yang lebih baik dalam mewujudkan pelayanan dan keselamatan pelayaran terhadap para masyarakat pengguna jasa di wilayah Pelabuhan Boom Baru Palembang, serta bagi pemohon informasi di kantor Disnav Kelas I Palembang," ujar Adi dalam keterangannya, Selasa (7/1/2020).

Adi juga menuturkan tujuan peresmian kedua ruangan tersebut untuk lebih memudahkan masyarakat pengguna jasa dan para penyelenggara pelabuhan serta dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam memperoleh informasi yang diperlukan.

"Vessel Traffic Service atau VTS tersebut sangat berguna bagi para pengguna pelayaran untuk memantau alur dan arus lalu lintas pelayaran di wilayah Sungai Musi," kata Adi.

"Ini sangat penting karena PPID merupakan corong informasi Pemerintah maka itu kami berkomitmen agar informasi itu dapat sampai ke masyarakat agar mereka bisa mengetahui dan menilai kinerja dan apa saja bentuk tanggung jawab kami pada keselamatan pelayaran dan lainnya," imbuhnya.

Selain itu, dikatakannya, masyarakat juga dapat memperoleh informasi secara berkala karena kantor Disnav Kelas I Palembang telah mengoptimalkan penyampaian informasi melalui media sosial, baik Instagram, Facebook maupun Youtube.

"Saya berharap bahwa nantinya Disnav Kelas I Palembang ini akan lebih baik lagi dalam penyampaian informasi dan semakin baik dalam kerjasamanya dengan seluruh pemegang kepentingan di pelayaran khususnya di wilayah Sumatera Selatan ini," jelasnya.

Berkaitan dengan itu, diakui oleh General Manager Pelindo II dan DPC INSA, bahwa penyediaan fasilitas tersebut sangat membanggakan dan berguna khususnya di daerah Palembang.

"Karena dengan tersedianya fasilitas VTS tersebut dapat disamakan dengan pelabuhan-pelabuhan di Eropa yang mengatur pelayaran dengan sistem yang sama ditambah dengan kemudahan mendapat informasi dengan ruangan yang representatif bagi yang membutuhkan informasi seputar pelayaran di Boom Baru Palembang," tandasnya.

Diketahui, acara in dihadiri oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Palembang, GM PT Pelindo II Palembang, Lantamal, DPC INSA dan para pengguna jasa pelayaran terkait.



(mul/mpr)