Warga Bekasi Berencana Ajukan Class Action, Tuntut Ganti Rugi Akibat Banjir

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 19:16 WIB
Foto: Ilustrasi banjir Bekasi (Rengga Sancaya)
Bekasi - Sejumlah warga Bekasi, Jakarta Barat berencana mengajukan class action untuk menggugat pemerintah. Warga menuntut pemerintah mengganti kerugian harta benda yang rusak dan hilang akibat banjir 1 Januari 2020 lalu.

"Class action itu mekanismenya jadi kolektif, jadi gugatan dari masyarakat kita kumpulkan jadi satu nanti jadi gugatan bersama," ujar anggota tim Advokat Garuda, Dadan Ramlan, ketika dihubungi detikcom, Selasa (7/1/2020).

Dadan berharap, dengan adanya class action ini, pemerintah mengganti kerugian warga yang diderita akibat banjir. Menurutnya, perlu ada perhatian konkret dari pemerintah terhadap korban pascabanjir.

"Ada bentuk ganti rugi dari pemerintah terkait dampak banjir yang sudah dialami masyarakat, karena masyarakat pun sudah mengirimkan rincian kerugian, tapi minimalnya dari pemerintah ada bentuk konkret bahwa pasca banjir ini ada tindakan yang serius untuk menangani banjir di kota Bekasi," katanya.

Sementara Dadan belum memastikan pihak-pihak yang akan digugat, apakah Pemerintah Kota Bekasi atau juga menyertakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pihaknya masih melakukan kajian terkait itu.




Menko PMK-Kepala BNPB Beri Rp 1 M ke Korban Banjir Bekasi:


Selanjutnya
Halaman
1 2