Jokowi Minta Korban Longsor di Sukajaya Bogor Mau Direlokasi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 14:53 WIB
Foto: Jokowi saat mengunjungi korban longsor di Sukajaya Bogor (Agus Suparto biro pers)
Lebak - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meninjau lokasi terdampak banjir dan longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Jokowi meminta korban terdampak untuk mau direlokasi.

"Beberapa tadi saya sampaikan untuk masyarakat yang terkena longsor untuk mau direlokasi dipindahkan kurang lebih 2 kilometer dari situ. Ini nanti disiapkan dulu oleh bupati Kabupaten Bogor nanti selesai akan langsung dipersiapkan oleh Kementerian PUPR untuk rumahnya," kata Jokowi di Lebakgedong, Lebak, Banten, Selasa (7/1/2020).



Jokowi mengatakan setidaknya ada ratusan rumah yang terkena longsor di kawasan tersebut. Saat ini, kata dia, lokasi di beberapa desa yang sempat terisolir telah diperbaiki.

"Sekarang pada tahap diselesaikan dibersihkan terutama yang terisolir desa-desa oleh Kementerian PU," ujarnya.

Jokowi juga meminta pemerintah desa untuk mengimbau warganya tetap waspada. Sebab, menurut prakiraan BMKG, hujan ekstrem akan terus berlangsung hingga bulan Februari.



"Oleh sebab itu saya tadi titip juga kepada camat kepada kepala desa agar karena sekarang ini masih hujan yang ekstrem masih akan berlangsung terus sesuai dengan yang disampaikan oleh BMKG sampai bulan Februari agar masyarakat terus dan tetap waspada, karena apa tanah-tanah terutama di sekitar Kecamatan Sukajaya sangat rawan longsor," tuturnya.

"Kemarin kita lihat dari helikopter Kelihatan sekali yang longsor itu bukan hanya puluhan tapi ratusan," sambung Jokowi.


Simak Video "Berjibaku Antar Bantuan ke Desa Terisolasi di Bogor"

[Gambas:Video 20detik]

(mae/haf)