Plastik Kresek Dilarang Mulai Juli, Pedagang di Pasar Minggu: Nyusahin!

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 13:52 WIB
Pedagang di Pasar Minggu menggunakan kantong plastik. (Wilda/detikcom)
Jakarta - Larangan penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai (kantong plastik kresek) bakal berlaku mulai Juli 2020 di mal, swalayan, hingga pasar. Tapi, sejumlah pedagang di Pasar Minggu, Jaksel, merasa belum siap.

Maryani (50), pedagang celana pendek di Pasar Minggu, mengaku belum tahu terkait akan adanya pelarangan kantong plastik di pasar. Hingga saat ini, dia masih menyediakan kantong plastik kresek untuk para pembelinya.

"Nyusahinlah. Kalau kantong plastik kan murah. Nanti orang pakai apaan kalau di pasar? Misalkan kita belanja, orang bawa begini aja (nunjuk celana yang dilipat) nanti kata orang bilangnya ngambil," ujar Maryani di Pasar Minggu, Jalan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (7/1/2020).

Plastik Kresek Dilarang Mulai Juli, Pedagang di Pasar Minggu: Nyusahin!Pedagang di Pasar Minggu menggunakan kantong plastik. (Wilda/detikcom)


Sebagai pedagang kecil, Maryani merasa belum siap beralih dari kantong plastik ke kantong belanja ramah lingkungan. Menurutnya, harga kantong belanja ramah lingkungan mahal, sedangkan keuntungan yang ia dapatkan hanya sedikit.

"Belum siap nyediain, karena kantong plastik murah. Kalau kain kan mahal, belum tentu ini saya jualan untungnya nggak seberapa, kadang-kadang Rp 2.000-3.000," kata Maryani.
Selanjutnya
Halaman
1 2