ADVERTISEMENT

Pemkot Palembang Larang Hotel-Kantor Pemerintah Gunakan Plastik

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 13:34 WIB
Foto: iStock/ILUSTRASI
Palembang - Pemkot Palembang mulai menerapkan larangan penggunaan plastik. Larangan disampaikan Wali Kota Harnojoyo lewat surat edaran yang berlaku di awal tahun ini.

Larangan penggunaan plastik khusus di Palembang direalisasikan pada tahun ini. Hal ini setelah keluarnya surat No. 48/SE/Bappeda.Litbang/2019 yang ditandatangani langsung oleh Harnojoyo.

"Surat edaran ini sudah ditandatangani Pak Wali Kota 31 Desember. Termasuk ini menindaklanjuti edaran Kementrian, surat ini telah kita edarkan di Seketariat Daerah Kota Palembang," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Selasa (7/1/2020).

Kesiapannya menurut Dewa mulai dari pelaksanaan rapat, pelatihan hingga kesiapan setiap ruangan diminta tak menggunakan plastik dalam bentuk apa pun. Dengan program itu, pengunaan plastik diharapkan dapat dikurangi.

"Setiap pelaksanaan kegiatan di kantor sudah kita sampaikan jangan lagi pakai plastik, baik bungkus snack, minuman, manakan dan kemasan lain. Bisa pakai daun atau kertas yang higienis," katanya.




Tak hanya itu, di setiap kantin kantor dan sekolah pun telah disampaikan untuk tak menggunakan plastik. Seterusnya untuk larangan akan disampaikan pada semua pengusaha di Kota Pempek.

"Selama ini kita lakukan kegiatan gotong royong untuk membersihkan sampah di beberapa titik. Tapi kita juga harus mulai menguranginya dengan aturan melarang penggunaannya," kata Dewa.

Sementara dari data Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota tercatat ada 1.500 ton sampah tiap hari yang dihasilkan masyarakat. Jumlah sampah itu disebut mayoritas adalah dari plastik.

Ke depan, pihaknya juga bakal melakukan sidak. Sasarannya tidak lain yakni kantor, hotel dan usaha kuliner yang beroperasi di Palembang. (ras/fdn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT