ADVERTISEMENT

Kantong Plastik Dilarang di Jakarta, Bagaimana Jika Beli Daging-Sayur?

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 11:13 WIB
Ilustrasi sayur dibungkus plastik di pasar. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Mulai Juli 2020 nanti, mal hingga swalayan dan pasar di Jakarta dilarang menyediakan kantong belanja plastik sekali pakai dan harus memakai kantong belanja ramah lingkungan. Lalu, bagaimana jika pelanggan hendak membeli daging atau sayur yang belum dibungkus?

Mal maupun swalayan dan pasar masih dibolehkan menyediakan plastik kemasan sekali pakai untuk mewadahi bahan pangan yang belum dibungkus apapun. Jika sudah ada alternatif kantong kemasan yang lebih ramah lingkungan, penyediaan kantong kemasan plastik sekali pakai dihentikan.

Yang dimaksud dengan kantong kemasan plastik sekali pakai adalah kantong transparan sebagai kemasan untuk membungkus dan menjaga sanitasi bahan pangan yang belum terselubung kemasan apapun serta terbuat dari bahan dasar plastik, polimer termoplastik, lateks, polyethylene, thermoplastic synthetic polymeric, atau bahan sejenis lainnya yang merupakan polimer turunan hidrokarbon.


Aturan ini dimuat di Pergub Nomor 142 tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat. Pergub ini diteken Anies pada 27 Desember 2019 dan diundangkan pada 31 Desember 2019.

Bagaimana isi aturannya?


Simak Video "Lukisan Berbahan Kantong Plastik, Solusi GoGreen nan Kreatif"

[Gambas:Video 20detik]


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT