Usai Nataru, Kemenhub Pastikan Pelayaran di Sulut Berjalan Lancar

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 17:06 WIB
Foto: Kemenhub
Jakarta - Masa libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah usai. Meski demikian, Kementerian Perhubungan tetap melakukan pelayanan dan pengawasan untuk memastikan penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

"Pada hari ini kami melakukan inspeksi dan monitoring penyelenggaraan angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di wilayah Sulawesi Utara di mana hal ini berdasarkan instruksi dari Bapak Menteri Perhubungan kepada para pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenhub," ujar Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt Sudiono dalam keterangan tertulis, Senin (6/1/2020).

Sudiono menjelaskan, adapun hasil monitoring data dan informasi pada Posko Nataru di sana terdapat 2 moda transportasi yang mengalami peningkatan jumlah penumpang.


"Untuk moda transportasi laut dan transportasi udara, jumlah penumpang mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2018. Sedangkan untuk moda transportasi darat, pada tahun ini mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun lalu," terangnya.

Lebih lanjut Sudiono menuturkan, berdasarkan pantauan tim monitoring di wilayah Sulawesi Utara bahwa cuaca hari ini dilaporkan cukup baik dan kondisi di lapangan berjalan dengan kondusif.

"Hari ini Posko gabungan dari Kementerian Perhubungan, TNI, POLRI, Basarnas, maupun Kementerian/Dinas Kesehatan tetap standby mengawasi pergerakan penumpang," tuturnya.


Adapun yang turut hadir melakukan peninjauan penyelenggaraan angkutan Nataru kali ini antara lain, Kepala KSOP Kelas I Bitung, Kepala KSOP Kelas III Manado, Direktur Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara, Kepala Cabang PT PELNI Sulut, Kepala Cabang PT ASDP Sulut.



Soal Natuna, Jokowi: Tak Ada Tawar-Menawar Mengenai Kedaulatan:

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)