5 Fakta Menarik di Golden Globe 2020

Rosmha Widiyani - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 16:45 WIB
Foto: Ist/5 Fakta Menarik di Golden Globe 2020
Jakarta - Golden Globe 2020 baru saja selesai dengan memilih sejumlah pemenang dalam berbagai kategori. Salah satunya 1917 dari Sam Mendes sebagai film terbaik mengalahkan The Irishman, Joker, Marriage Story, dan The Two Popes.

Selain pelaku perfilman terbaik yang masuk dalam daftar nominasi Golden Globe 2020, agenda ini punya sejumlah fakta menarik. Berikut 5 hal menarik dalam Golden Globe 2020.


1. Kemenangan Awkwafina

Adanya Awkwafina dalam daftar lengkap pemenang Golden Globe 2020 menjadi sejarah baru. Awkwafina menjadi artis Asia pertama yang memenangkan Golden Globe 2020 sebagai aktris terbaik untuk drama musikal komedi dalam The Farewell.

Awkwafina yang bernama asli Nora Lum mengalahkan beberapa artis lain dalam nominasi tersebut. Mereka antara lain Cate Blanchett dalam Where'd You Go, Bernadette dan Ana de Armas dalam Knives Out.

2. Meryl Streep jadi peraih nominasi terbanyak

Hingga Desember 2019, Meryl Streep menjadi artis dengan peraih nominasi terbanyak di Golden Globe. Dalam nominasi Golden Globe 2020, Meryl Streep berada di kategori artis dengan penampilan terbaik dalam peran pembantu di serial, serial terbatas, atau film yang dibuat untuk televisi, lewat film Big Little Lies.

Meryl Streep meraih total 32 nominasi dan memenangkan 9 di antaranya. Rekor kemenangan serupa juga diperoleh artis senior Barbra Streisand.

3. Joker raih dua penghargaan

Film Joker meraih dua penghargaan di ajang bergengsi Golden Globe 2020. Kemenangan diraih komposer Hildur Guðnadóttir dalam Musik Original Terbaik dan Joaquin Phoenix sebagai aktor terbaik dalam film-drama.

Joker, yang menghadirkan topik kesehatan mental, menjadi salah satu film yang menarik perhatian dunia. Sang aktor, Phoenix, adalah aktor veteran yang sebelumnya telah menerima banyak penghargaan dalam industri film.


4. Parasite dan Bong Joon Ho

Parasite karya Bong Joon Ho berhasil meraih kemenangan dalam Golden Globe 2020 kategori film asing terbaik. Film asal Korea Selatan ini berhasil mengalahkan The Farewell, Pain and Glory, Portrait of Lady Fire, dan Les Miserables.

Kemenangan ini menarik perhatian dunia pada sosok Bong Joon Ho, yang merupakan sutradara tenar di Korea Selatan. Parasite yang memotret kondisi sosial di Korea Selatan sebelumnya telah memenangkan Cannes 2019.

5. Ada yang takbir

Aktor Ramy Youssef mengucapkan takbir saat menerima piala dalam Golden Globe 2020. Ramy menjadi pemenang dalam kategori aktor dengan penampilan terbaik dalam serial televisi musikal dan komedi.

"Allahu Akbar. Saya berterima kasih atas semua pihak yang mendukung saya dalam serial televisi ini," kata Ramy.

Ramy menerima Golden Globe 2020 setelah main dalam serial Ramy sebagai Ramy Hassan. Dia mengalahkan Michael Douglas dalam The Kominsky Method, Hader dalam Barry, Ben Platt dalam The Politician, dan Paul Rudd dalam Living with Yourself.



Simak video 'Joker' hingga 'Chernobyl' Sabet Penghargaan Golden Globe 2020:

[Gambas:Video 20detik]



(row/erd)