Kemenhub Ungkap Penyebab Banjir Tol Cikampek: Proyek Kereta Cepat

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 16:15 WIB
Budi Setiyadi (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkap sejumlah penyebab terjadinya banjir di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Menurut Kemenhub, banjir itu terjadi karena ada proyek pengerjaan kereta cepat.

"Kemudian catatan berikutnya mengenai penyebab masalah banjir di jalan tol yaitu di km 24,19 dan juga km di Jakarta-Cikampek dan km 136, untuk yang dari Cikampek ke Cipali. Itu juga baru terjadi sekali, sebelumnya pernah terjadi dan memang Menteri PU (Basuki Hadimuljono) juga sudah menyampaikan. Kemarin saya juga langsung ke lapangan bersama dengan stakeholder terkait, karena memang ternyata memang begitu ada pekerjaan tol elevated, begitu ada pekerjaan KCIC, untuk ada Waksita di sana, ada KCIC di sana, banyak yang tadinya saluran air, kemudian terhambat oleh jalan kerja," ujar Ditjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020).



Budi menyebut, sebelum proyek itu dikerjakan, saluran air di sana bagus. Namun, setelah ada proyek itu, saluran air tersebut tertutup sehingga menyebabkan banjir. Dia juga mengaku sudah bertemu dengan Wika dan Waskita sebagai kontraktor proyek itu.

"Tadinya saluran air bagus, tapi kemudian ditutup untuk jalan kerja, mobilisasi alat berat, dan sebagainya, itulah dampaknya," jelasnya.



Simak video Jokowi Perintahkan Jajarannya Terjun ke Bawah Urusi Banjir:


Selanjutnya
Halaman
1 2