Pemprov DKI Duga Gedung Ambruk di Slipi karena Konstruksi Terlalu Rapuh

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 12:49 WIB
Gedung ambruk di Slipi Jakarta Barat. (Rifkianto Nugroho-detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mengecek penyebab ambruknya gedung empat lantai di Slipi, Jakarta Barat. Ada dugaan konstruksi tidak kuat menahan bangunan.

"Kami coba kaji pelajari permasalahan kenapa kok roboh. Kalau kita lihat sepintas dari ini, kualitas bangunan ini kayaknya terlalu rapuh karena kita nggak pernah melihat runtuh bangunan yang seperti itu," ucap Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang dan Pertanahan, Heru Hermawanto, Senin (6/1/2020).



Heru heran melihat bentuk bangunan setelah roboh. Dia menyebut beton gedung itu terkelupas dari besi kerangka.

"Itu konstruksi rapuh bayangan saya. Jadi nggak mungkin beton itu terkelupas dari tulangannya (kerangka) demikian ambrolnya. Sepintas ya dari hasil ini media banyak itu, kalau lihat, tulangannya sampai keluar semua," ucap Heru.

Dia mengatakan pemerintah selalu mengingatkan aturan soal konstruksi gedung. Namun, menurutnya, pemilik gedung kerap sepele terhadap aturan yang ada.

"Paling banter kita ingatkan lagi peraturan sudah ada UU Konstruksi. Penggunaan empat lantai itu kadang-kadang disepelein. Kalau gedung tinggi mungkin pemilik akan menunjuk lebih hati-hati," kata Heru.
Selanjutnya
Halaman
1 2