2 Pencuri Gondol Brankas hingga Gotong ke Tol Belmera, Ternyata Zonk

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 12:35 WIB
Foto: Edi Wahyono
Deli Serdang - Dua orang pria mencuri brankas milik SMAN 1 Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumut. Brankas ini digondol lalu digotong ke Tol Belmera (Belawan-Medan-Tanjung Morawa).

Pencurian brankas terjadi Jumat (3/1). Selain menggondol brankas, pelaku mengambil laptop. Pihak sekolah langsung melapor ke polisi.

"Kita dapat laporan lalu turun ke TKP untuk melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap para pelaku," kata Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol Aris Wibowo, Senin (6/1/2020).




Setelah melakukan penyelidikan, satu jam kemudian polisi mendapat informasi para pelaku pencuri brankas berada di Tol Belmera. Pelaku

"Kita koordinasi dengan petugas PJR Polda Sumut untuk melakukan patroli di jalan tol tersebut dan ternyata menemukan dua pria di Km 18 sedang mendorong barang berupa brankas," ujar Aris.

Kedua pelaku bernama Mukhlis (29) dan Galih Prasetyo (21) langsung ditangkap. Dari pemeriksaan sementara, keduanya mengaki mencuri brankas tersebut.

"Setelah kita tangkap dan interogasi. Kita lakukan pengembangan ke TKP dan barang bukti lainnya, namun saat akan naik ke atas kendaraan, mereka mencoba melakukan perlawanan. Petugas sempat memberi tembakan peringatan, namun tidak digubris hingga kaki mereka terpaksa ditembak petugas," ujar Aris.




Dari penyelidikan, kedua pelaku diketahui pernah mencuri di SD dan SMP wilayah Percut Sei Tuan dan Batang Kuis.

"Tersangka dan barang bukti sudah kita amankan di Mapolsek termasuk brankas dan laptop milik SMA N 1 Sampali. Isi Brankasnya kosong, mereka belum sempat membuka brankas tersebut," ujar Aris.


(fdn/fdn)