Siswa SMAN 8 Jakarta Keluhkan KBM di Perpustakaan: Bising dan Tak Kondusif

Wilda Nufus - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 10:42 WIB
Foto: Kondisi di SMAN 8 Jakarta usai banjir (Wilda-detikcom)
Jakarta - Sejumlah siswa SMAN 8 Jakarta mengeluhkan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang digelar di perpustakaan sekolah. KBM di SMAN 8 Jakarta digelar di perpustakaan lantaran kondisi kelas yang masih lembap pasca kebanjiran.

Shafa Nadifa (16) siswi kelas 11 misalnya. Shafa mengatakan suasana KBM di perpustakaan tidaklah kondusif. Proses belajar mengajar juga tidak efektif.

"Di perpustakaan ada tiga kelas jumlahnya 108 orang sedangkan gurunya satu, suasananya jadi nggak kondusif terus pembelajaran juga jadi kurang, saking banyaknya. Suara gurunya juga kurang kedengeran saat menjelaskan," kata Shafa di SMAN 8 Jakarta, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (6/1/2020).



Selain itu, dirinya juga kesulitan untuk menulis karena tidak adanya meja di perpustakaan. Jumlah pelajaran, kata Shafa juga berkurang menjadi tiga pelajaran dari biasanya yang mencapai 5 pelajaran dalam sehari.

"Terus kan kita juga kursi-kursi doang, jadi meja nggak ada, jadi kurang bisa menulis. Terus sekarang juga jadinya satu hari cuman 3 pelajaran doang, awalnya bisa 4 sama 5," kata Shafa.

Selanjutnya
Halaman
1 2