Kemenhub Evakuasi Kapal KM Permata Biru yang Karam di Laut Sumsel

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Minggu, 05 Jan 2020 21:27 WIB
Foto: Kemenhuib
Jakarta - Kapal patroli KN. Trisula P-111 milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan berhasil mengevakuasi Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Permata Biru yang tenggelam di perairan Sumatera Selatan.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad mengatakan telah memerintahkan KN. Trisula-P.111 dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) kelas I Tanjung Priok untuk langsung bergerak ke lokasi kejadian setelah mendapat laporan dari anak buah kapal (ABK) KM Permata Biru bahwa kapal tersebut bocor dan membutuhkan pertolongan.

"Alhamdulillah 5 orang ABK KM. Permata Biru berhasil dievakuasi seluruhnya dalam kondisi selamat. Selanjutnya seluruh ABK kapal dibawa oleh KN. Trisula-P.111 ke kantor KSOP Kelas V Muntok Bangka Barat," ujar Ahmad dalam keterangan tertulis, Minggu (5/1/2020).


Ahmad menjelaskan, berdasarkan laporan yang didapat, pada Sabtu (4/1/2020) Kapal KM Permata Biru bertolak dari Pelabuhan Sinar Alam Permai Palembang menuju Sungai Selan Bangka.

"Pada pukul 22.00 WIB KM Permata Biru memutuskan untuk berlabuh di perairan Pulau Payung dikarenakan cuaca buruk," ungkap Ahmad.

Selanjutnya, pada Minggu (5/1/2020) pukul 04.00 WIB, kapal tersebut melanjutkan perjalanan menuju Sungai Selan Bangka.

"Pada pukul 09.00 WIB Kepala Kamar Mesin (KKM) KM. Permata Biru melaporkan kepada nakhoda bahwa telah terjadi kebocoran di kamar mesin, selanjutnya nakhoda memerintahkan ABK untuk melakukan pemompaan air dengan menggunakan 4 mesin pompa," kata Ahmad.

Saat dilakukan pemompaan, air yang tergenang justru bertambah deras. Dengan mempertimbangkan keselamatan, nakhoda memerintahkan seluruh ABK untuk menggunakan life jacket sambil menunggu pertolongan datang dari KN. Trisula P-111.

Lebih lanjut Ahmad mengatakan pada pukul 09.30 WIB, KM. Permata Biru tenggelam pada posisi 02.14,580 S 105.02,773 E. Selanjutnya, Pukul 10.30 WIB KN Trisula-P.111 tiba di lokasi kejadian.

"Setelah tiba, 5 orang ABK kapal KM Permata Biru berhasil dievakuasi dan selanjutnya dibawa ke kantor KSOP Muntok guna proses lebih lanjut," tutup Ahmad. (akn/ega)