Round-Up

Panas AS-Iran di Dua Medan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Jan 2020 20:39 WIB
Bendera Iran dan AS / Foto: Reuters
Baghdad - Hubungan Amerika Serikat (AS) dan Iran tengah membara. Serangan AS yang membunuh Mayor Jenderal Qasem Soleimani mencuatkan isu World War 3 atau Perang Dunia Ketiga.

Soleimani yang merupakan Komandan Pasukan Quds pada Garda Revolusi Iran tewas setelah serangan udara AS pada Jumat (3/1) pagi. Serangan itu diarahkan ke area dekat kargo di Bandara Baghdad.

Serangan udara AS itu, menurut para pejabat Irak, juga menewaskan seorang pria bernama Abu Mahdi al-Muhandis yang menjabat wakil komandan dari kelompok milisi pro-Iran di Irak bernama Pasukan Mobilisasi Populer (PMF). PMF menyebut ada tujuh orang tewas akibat serangan udara AS tersebut.




Seperti dikutip Associated Press, salah satu pejabat keamanan Irak menyebut Al-Muhandis tiba di bandara Baghdad dalam konvoi bersama anggota milisi lainnya untuk menyambut Soleimani, yang pesawatnya baru saja mendarat dari Lebanon atau Suriah.

Dua pejabat dari PMF, seperti dilansir Associated Press, menyebut bahwa jasad Soleimani terkoyak akibat serangan udara AS itu, sedangkan jasad Al-Muhandis belum ditemukan. Menurut seorang pejabat senior Irak, jasad Soleimani berhasil diidentifikasi dari cincin yang dipakainya.


Tonton juga Ribuan Warga Iran Antar Jenderal Soleimani ke Pemakaman :