Doa agar Diberi Kesehatan dan Dijauhkan dari Segala Jenis Penyakit

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 05:00 WIB
Doa agar selalu diberikan kesehatan dan perlindungan. Foto: iStock
Jakarta - Tubuh yang sehat bisa membuat setiap aktivitas yang kita lakukan berjalan dengan lancar. Ikuti pola makan sehat sesuai anjuran Rasullah dan jangan lupa membaca doa ini.

Kesehatan yang prima bisa membuat ibadah kita berjalan dengan lancar. Sehat ala Rasulullah ketika di pagi hari ialah mengonsumsi segelas air yang dicampur dengan madu asli. Lalu menjelang dhuha beliau mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa.


Minyak zaitun juga sering dikonsumsi oleh Rasulullah pada waktu siang menjelang sore hari. Zaitun adalah pohon yang diberkahi sedangkan malam harinya beliau mengonsumsi sayur-sayuran segar yang kaya gizi.

Tak lupa, olahraga yang dilakukan Rasulullah adalah berkuda, memanah dan berenang.

Said bin Jubir berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas." (HR. Bukhori).

Dikutip dalam buku berjudul "Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki dan Kesuksesan" oleh Deni Lesmana, S.Pd berikut doa-doa agar diberi kesehatan dan kekuatan yang bisa diamalkan setelah sholat:


1. Doa agar Diberi Kesehatan dan selalu dalam Lindungan Allah SWT

"Allahumma inna nas alukal afwa wal adiyata wal mu'aafaatad daa'imata fiid dunyaa wal 'aakhirati wal fauzu bil jannati wannajaati minan naari."

Artinya: Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka."


2. Doa agar Diberi Kesehatan dan Perlindungan

"Allaahumma-ghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa'aafinii, warzuqnii."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku." (HR. Muslim).


3. Doa agar Diberi Kesehatan untuk Keluarga dan Selalu dalam Kesejahteraan

"Allaahumma inni a'udzubika min zawali ni'matika, wa thahawwuli a'fiyatika, wa faja'ati niqmatika, wa jami'i sakhatika."

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu dan hilangnya kesehatan dari-Mu dan datangnya kutukan-Mu secara tiba-tiba dan dari segala kemarahan-Mu." (HR. Bukhari Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi).

Ketiga doa tersebut bisa diamalkan setiap hari, agar Allah SWT senantiasa melindungi kita dan keluarga kita dari segala macam penyakit dan marabahaya.



(lus/erd)