211 Sekolah di Jakarta Terdampak Banjir

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Minggu, 05 Jan 2020 15:54 WIB
Banjir Jakarta pada 1 Januari 2020. (ari/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ada 211 sekolah yang terdampak banjir. Menurutnya, semua sekolah yang terdampak banjir tersebut sudah tuntas dibersihkan.

"Jadi jumlah sekolah yang terdampak kemarin ada 211 sekolah dari 2.800 sekolah," kata Anies di Jalan Kerja Bakti, Makasar, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020).

Anies menyebut sejak tadi malam sudah ada 208 sekolah yang telah dibersihkan. Dia yakin semua sekolah yang terdampak banjir sudah tuntas dibersihkan hari ini.

"Lalu yang sudah surut airnya dan sudah proses pembersihan itu 208 per tadi malam. Kalau saya yakin hari ini pasti sudah semuanya tuntas. Jadi insyaallah 211 sekolah itu sudah semuanya tuntas," ujar Anies.

Menurut Anies, sekolah yang terdampak banjir sudah bisa kembali digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar pada Senin besok. Namun ada kemungkinan sekolah-sekolah tersebut belum bisa beroperasi dengan optimal.

"Jadi 211 sekolah itu insyaallah sudah bersih. Nah hari Senin sudah bisa digunakan tentu belum optimal. Pasti akan ada pengaturan karena jumlah kelas-kelas yang masih dalam proses pembersihan pasti ada. Jadi masih diatur. Kepala sekolahnya mengatur sesuai situasi," kata Anies.

Sementara itu, Anies mengatakan ada sekitar 22.500 siswa yang terdampak banjir. Anies telah menyiapkan peralatan sekolah bagi siswa yang membutuhkan.

"Jumlah siswa yang terdampak ada 22.500 siswa yang terdampak dari banjir ini. Semua siswa yang rumahnya, keluarganya terdampak banjir memerlukan pasokan suplai kita siapkan. Dari mulai pakaian alat tulis dan lain-lain insyaallah kita siapkan semua bagi masyarakat," ujar Anies.

Lebih lanjut, dia mengatakan telah menyiapkan seragam sekolah bagi anak-anak yang terdampak banjir.

"Jadi kami di Dinas Sosial sudah menyiapkan seragam baju untuk anak-anak sehingga mereka bisa berkegiatan kembali. Sekolah-sekolah insyaallah hari ini pun dibersihkan semua," tutur Anies.

Seperti diketahui, banjir besar melanda kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya. Wilayah yang terendam banjir itu berada di Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Lebak.



Anies: Ratusan Sekolah Terdampak Banjir Siap Digunakan Besok:

[Gambas:Video 20detik]

(asp/asp)