Sebaiknya Tak Mager, Ini 5 Olahraga yang Dicontohkan Rasulullah

Rosmha Widiyani - detikNews
Minggu, 05 Jan 2020 05:00 WIB
Ilustrasi, memanah adalah satu dari lima olahraga yang dicontohkan Rasulullah SAW (Foto: (Aly Song/Reuters)
Jakarta - Kesehatan menjadi syarat utama bisa mengerjakan berbagai kegiatan dengan baik. Sayangnya, risiko sakit selalu ada apalagi dengan dengan gaya hidup kurang gerak (sedentary) atau mager alias malas gerak. Pentingnya kesehatan telah disinggung Rasulullah SAW dalam hadistnya.

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Artinya: "Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang." (HR Bukhari).
Diceritakan dalam buku The 10 Habits of Rasulullah dari Rizem Aizid, Rasulullah SAW rajin olahraga setiap hari untuk menjaga kesehatannya. Dalam suatu hadist diceritakan efek rajin olahraga pada kesehatan Rasulullah SAW yang terlihat dari penampilan fisiknya.

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ، عَنْ أَبِي يُونُسَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ وَلا رَأَيْتُ شَيْئًا أَحْسَنَ مِنْ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم كَأَنَّ الشَّمْسَ تَجْرِي فِي وَجْهِهِ، وَمَا رَأَيْتُ أَحَدًا أَسْرَعَ فِي مِشْيَتِهِ مِنْ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم كَأَنَّمَا الأَرْضُ تُطْوَى لَهُ إِنَّا لَنُجْهِدُ أَنْفُسَنَا وَإِنَّهُ لَغَيْرُ مُكْتَرِثٍ‏

Artinya: Abu Hurairrah RA berkata, "Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan daripada Rasulullah SAW. Roman mukanya cemerlang seperti matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan walaupun kami berusaha mengimbangi jalan beliau. Padahal, beliau tampaknya seperti berjalan santai saja." (HR Muslim).


Rasulullah SAW kerap diceritakan punya tiga olahraga favorit yang sebaiknya diajarkan pada anak-anak. Olahraga tersebut adalah berenang, memanah, dan naik kuda. Dikutip dari Sunnah Sports, hadist tersebut diceritakan Umar bin Khattab RA dan diriwayatkan Imam Abu Ya'qub Ishaq ibn Abi Ishaq Al Qarrab.

Olahraga berenang, memanah, dan naik kuda nyatanya memang bermanfaat bagi kesehatan. Selain tiga olahraga tersebut, Rasulullah SAW juga jalan kaki dan lari untuk menjaga kesehatannya. Tentunya, tiap orang bisa mencoba berbagai jenis olahraga asal bermanfaat untuk kesehatan dan dilakukan tiap hari.

Berikut beberapa hadist terkait jenis olahraga yang dilakukan Rasulullah SAW untuk menjaga kesehatan diri dan umatnya,


1. Jalan kaki

Mempertahankan kesehatan tubuh dengan jalan kaki ternyata telah dikenal sejak zaman Rasulullah SAW. Hal ini ditekankan dalam hadistnya yang diriwayatkan Ibnu 'Abbas

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : خَيْرُ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ السَّعُوطُ وَاللَّدُودُ وَالْحِجَامَةُ وَالْمَشْيُ

Artinya: Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik aktivitas untuk mengobati diri adalah mengobati diri melalui hidung, melalui mulut, bekam, dan al-masy." (HR Ibnu 'Abbas).

Menurut Sa'ud bin 'Abdullah al-Rauqi dalam buku Al-Riyadhah Fi Mandzur Al-Islam, yang al-masy adalah jalan kaki. Dunia kesehatan modern membuktikan, olahraga jalan kaki 30 menit sehari terbukti mampu memperkuat tulang dan menurunkan risik hipertensi, serangan jantung, dan diabetes.


2. Memanah

Olahraga memanah ternyata salah yang tertua dan bisa dilakukan semua orang. Rasulullah SAW sempat menyinggung pentingnya memanah dalam hadist diriwayatkan Muslim

سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ يَقُولُوَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍأَلَا إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْيُ أَلَا إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْيُ أَلَا إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْيُ

Artinya: Rasulullah SAW berada di atas mimbar berkata: "Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi. Ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah!" (HR Muslim).

Memanah kini banyak dilakukan masyarakat sebagai kegiatan olahraga rutin. Latihan memanah tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga melatih konsentrasi dan pengendalian emosi.


Selanjutnya
Halaman
1 2 3