TGUPP Anies Jelaskan soal 'Tangkap Hujan' Agar Jakarta Bebas Banjir

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 04 Jan 2020 21:28 WIB
Anggota TGUPP Anies, Muslim Muin (Isal Mawardi-detikcom)
Jakarta - Pakar hidrodinamika Institut Teknologi Bandung (ITB), Muslim Muin, menjelaskan konsep naturalisasi yang dapat menyelamatkan Jakarta dari banjir. Muslim yang juga merupakan anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Anies Baswedan ini menjelaskan 'tangkap hujan' yang merupakan bagian konsep naturalisasi.

"Jadi naturalisasi itu konsepnya kembali lagi ke natural. Natural itu apa? Air (hujan) itu turun ke hutan, terus diserap di hutan, sisanya baru dibuang ke sungai. Sekarang hutannya sudah tidak ada. Jadi kita yang menangkap dari rumah-rumah (warga)," kata Muslim ketika dikonfirmasi detikcom, Sabtu (4/1/2020).

Menurutnya, air hujan dapat ditampung di taman rumah setiap warga. Dia mengatakan warga dapat memodifikasi tinggi permukaan taman menjadi lebih rendah dari tinggi rumah. Sehingga, air hujan dapat tertampung di taman rumah.


"Kalau di rumah saya, satu jam (air hujan yang tertampung di taman) juga sudah kering. Jadi hujan itu paling berapa besarnya 300 mili per hari, jadi cuma 30 cm turunkan (tinggi) taman kita diturunkan 30 cm jadi itu konsepnya," ujar Muslim.

"(Air hujan) bisa diresapkan di tanah itu bagus sekali," lanjutnya.

Cepat tidaknya air meresap tergantung banyak air dan luasan tanah. Jika tak mempunyai taman, warga dapat membuat biopori di halaman rumah.


Selanjutnya
Halaman
1 2