Bunga Bangkai Raksasa di Kebun Raya Bogor Mekar

Mei Amelia R - detikNews
Sabtu, 04 Jan 2020 15:41 WIB
Foto: Bunga Bangkai di Kebun Raya Bogor mekar (dok. Istimewa)
Bogor - Bunga bangkai raksasa di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, mekar sempurna sejak kemarin. Mekarnya bunga ini diharap bisa menjadi daya tarik wisata di Kebun Raya Bogor.

Bunga setinggi 1,94 meter ini mekar sejak pukul 18.00 WIB, Jumat (3/1). Bunga diprediksi mekar hingga besok dan baru mekar lagi empat tahun mendatang.

"Bunga bangkai yang mekar hari ini adalah jenis tumbuhan Amorphophallus titanum, berbeda dengan rafflesia yang juga dikenal sebagai bunga bangkai. Rafflesia merupakan tumbuhan parasit," ujar Peneliti LIPI Dian Latifah, Sabtu (4/1/2020).



Bunga Bangkai Raksasa di Kebun Raya Bogor MekarFoto: Bunga Bangkai di Kebun Raya Bogor mekar (dok. Istimewa)


Dia mengatakan bunga bangkai raksasa ini memiliki fase daun dan bunga yang berbeda. Fase daun, katanya bisa mencapai waktu 1 hingga 2 tahun.

"Setelah itu umbi akan memasuki masa istirahat atau dorman. Bisa lebih dari satu setengah tahun, kemudian berbunga. tinggi spadiks bisa mencapai tiga meter. Amorphophallus titanum dijuluki juga bunga raksasa," ucap Dian yang merupakan peneliti bunga bangkai.

Wakapolresta Bogor Kota AKBP M Arsal Sahban yang ikut menyaksikan mekarnya bunga bangkai di Kebun Raya Bogor menyebut peristiwa ini merupakan hal penting. Dia berharap warga bisa mengajak anak-anak yang libur sekolah untuk melihat peristiwa yang disebutnya baru terjadi lagi 4 tahun ke depan.



"Mekarnya bunga bangkai merupakan momen penting karena akan terjadi lagi sekitar 4 tahun ke depan. Momen ini saya harapkan dapat menarik banyak wisatawan yang datang ke Bogor apalagi saat ini bersamaan dengan hari libur anak sekolah. Saya berharap anak-anak bisa berwisata sekaligus mendapatkan edukasi," ujar Arsal.

Bunga bangkai raksasa ini menyebar bau busuk. Bau tersebut menarik perhatian bagi serangga yang dapat membantu penyerbukan tumbuhan langka tersebut. Bau bunga bangkai akan tercium mengikuti arah angin. (haf/fdn)