Momen Jokowi 3 Tahun Silam 'Kirim Sinyal' ke China soal Natuna di KRI

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Jan 2020 13:03 WIB
Presiden Jokowi saat menggelar rapat di KRI Imam Bonjol (dok. detikcom)
Jakarta - Situasi keamanan di perairan Natuna, Kepulauan Riau tengah menghangat setelah kapal coast guard China menerobos wilayah Indonesia itu untuk mengawal kapal ikan asing. Sebelumnya, situasi keamanan di Natuna juga sempat menghangat beberapa tahun lalu.

Pada medio Juni 2016 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah mengirim sinyal kepada pemerintah China dengan menggelar rapat di atas kapal perang di perairan Natuna. Rapat ini digelar pascainsiden TNI AL menembak kapal nelayan China karena kasus pencurian ikan. Saat itu pemerintah China protes kepada pemerintah RI.

Jokowi membawa Panglima TNI dan sejumlah menteri dalam rapat tersebut. Luhut B Pandjaitan yang saat itu menjabat sebagai Menko Polhukam mengatakan pemerintah Indonesia ingin memberi sinyal kepada pemerintah China soal kedaulatan negara.


"Kita memberikan sinyal, Presiden juga kebetulan belum pernah kemari," ucap Luhut usai rapat di atas KRI Imam Bonjol yang berlayar di perairan Natuna, Kamis (23/6/2016) lalu.

KRI Imam Bonjol-383 merupakan kapal perang RIKRI Imam Bonjol-383 merupakan kapal perang RI (dok. detikcom)

Rapat itu digelar satu jam di atas KRI Imam Bonjol 383 yang melaut di perairan Natuna. Selain Luhut, hadir pula Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menlu Retno Marsudi, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Seskab Pramono Anung. Selain itu, ada pula Menteri ESDM Sudirman Said, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi, Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Arie Soedewo, serta Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun.

Luhut mengatakan, Presiden ingin kawasan Natuna dikembangkan dari sisi ekonomi termasuk eksplorasi minyak dan gas (migas). Bukan cuma itu, pemerintah tengah mengkaji posisi Natuna untuk memperkuat sektor pertahanan RI.

Simak Video "Perang Opini Indonesia Vs China soal Laut Natuna"


Selanjutnya
Halaman
1 2