BPK Segera Serahkan Audit Kasus RJ Lino, Ini Ancang-ancang KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 19:25 WIB
RJ Lino (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) mengatakan segera menyerahkan hasil audit kerugian negara terkait kasus dugaan korupsi pengadaan quay container crane (QCC) di PT Pelindo II yang menjerat RJ Lino kepada KPK. KPK mengatakan akan langsung melengkapi berkas perkara kasus RJ Lino begitu menerima hasil audit dari BPK.

"Kami sangat mengapresiasi kalau memang betul nanti sudah selesai, sehingga temen-temen penyidik tentunya akan melanjutkan penyidikan itu pemberkasan dan kemudian nanti melengkapi berkas-berkas kelengkapan," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (3/1/2020).

Ali mengatakan KPK akan meminta pendapat ahli hingga jaksa peneliti untuk melengkapi berkas perkara RJ Lino tersebut. Ali berharap berkas perkara RJ Lino segera tuntas.

BPK Segera Serahkan Audit Kasus RJ Lino, Ini Ancang-ancang KPKPlt Jubir KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri, memberikan keterangan pers (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)




"Apakah tentang ahli kemudian yang lain-lain dan bisa dilakukan berkas tahap 1, ke Jaksa peneliti sehingga nanti kekurangannya apa, di mana salah formil dan materiilnya sehingga akan diperiksa oleh jaksa peneliti itu, sehingga perkara ini akan lebih cepat diselesaikan," sebutnya.

Ia menjelaskan penyidikan kasus menggunakan metode case building seperti kasus RJ Lino ini memang cukup rumit. Menurutnya, perlu dilakukan kerja sama dan koordinasi yang intensif dengan sejumlah, terutama perihal penghitungan kerugian negara.

"Untuk case building pengadaan, pengadaannya memang kita memerlukan waktu yang lama untuk perhitungan kerugian negara. Tentunya kan bukan penyidik KPK sendiri yang menghitung tetapi harus koordinasi dengan berbagai pihak yang termasuk dengan BPK, kemudian dengan ahli, karena pengadaan ini harus dikaitkan dengan secara teknis itu ya untuk menghitung kerugian. Itu kan perlu waktu," kata Ali.


Tonton juga Diperiksa Intens, Ponsel 2 Penyerang Novel Diserahkan ke Labfor :


Selanjutnya
Halaman
1 2