Silang Pendapat Banjir Jakarta, Komisi V Minta Menteri PUPR Panggil Anies

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 16:36 WIB
Ilustrasi Gedung DPR (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Komisi V DPR yang merupakan mitra kerja Kementerian PUPR meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membahas penanganan banjir di Jakarta. Hal itu menyusul silang pendapat antara Basuki dan Anies soal normalisasi Kali Ciliwung.

Basuki sebelumnya menyatakan sungai harus dilebarkan, entah dengan cara normalisasi maupun naturalisasi. Wakil Ketua Komisi V Syarief Abdullah Alkadrie mengatakan arahan Basuki itu membuka ruang untuk Anies.

"Saya kira udah memberikan ruang itu Pak Basuki. Tapi sebaiknya sebagai pemerintah pusat, sudah, panggil aja Gubernur DKI Jakarta, maunya apa," kata Syarief saat dihubungi, Jumat (3/1/2020).

"Iya, duduk bersama. 'Maunya kita seperti ini, maksudnya gimana, nanti kita lihat mana yang lebih efektif', kan begitu," imbuhnya.


Menurut Syarief, perlu ada integrasi antara pemerintah pusat dan daerah yang terkena dampak banjir, termasuk Jawa Barat. Syarief mengatakan masalah banjir tidak bisa hanya ditangani DKI Jakarta.

"Kemudian juga Jawa Barat gimana, karena ini tidak bisa juga hanya ditangani DKI. Di sananya kan besar curah hujannya itu dari sana (Jawa Barat) gitu. Itu kan ada beberapa bendungan yang sudah ini, gimana cara penanganan ini," ujar Syarief.



Tonton juga Beda Pandangan Anies-Menteri PUPR soal Banjir di Jakarta :


Selanjutnya
Halaman
1 2