Mendagri Tito: Bekasi Sudah Tetapkan Tanggap Darurat

Yoki Alvetro - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 12:35 WIB
Foto: Mendagri Tito di Bekasi (Yoki-detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan bahwa Bekasi sudah ditetapkan tanggap darurat. Kemendagri pun menyatakan sudah menyiapkan anggaran untuk daerah tanggap darurat.

"Bekasi sudah menetapkan tanggap darurat," kata Tito saat diwawancara di Perumahan Jatisari, Jatiasih, Bekasi, Jumat (3/1/2020).

Tito mengatakan Kementerian yang dipimpinnya memang menyediakan anggaran untuk tanggap darurat. Anggaran tersebut salah satunya untuk bencana banjir.

"Kita mengerti dari Kemendagri ada anggaran-anggaran yang memang dialokasikan untuk tanggap darurat dan penanganan banjir. Tanggap darurat seperti Bekasi sudah ditetapkan sehingga bisa dikeluarkan anggaran BTT (Belanja Tidak Terduga)," ujar Tito.

"Namun memang pengeluaran itu harus dinyatakan tanggap darurat," sambung Tito.



Mantan Kapolri ini menyebut selain Jawa Barat, dua provinsi lainnya juga memiliki anggaran untuk tanggap darurat. Anggaran tersebut bisa digunakan pada saat keadaan darurat.

"Di DKI juga ada sisa anggaran tahun lalu dan BTT. di Banten juga ada. Di daerah yang terdampak tiga ini," ucap Tito.

Sebelumnya, Tito meeninjau posko banjir di kawasan Perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih, Bekasi. Tito menyerahkan beberapa bantuan ke posko perumahan Villa Jatirasa itu.

Simak Video "Saksi Banjir Bekasi: Mobil-mobil Beterbangan Terbawa Air"

[Gambas:Video 20detik]

(zap/zap)