Dukcapil Siap Ganti e-KTP-KK Warga yang Hilang karena Banjir Jabodetabek

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 10:16 WIB
Foto: Banjir Jakarta (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) siap menerbitkan ulang dokumen-dokumen kependudukan warga di Jabodetabek yang rusak maupun hilang akibat banjir.

Direktur Jenderal Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh memerintahkan jajarannya di seluruh Indonesia, terutama para Kepala Dinas/Suku Dinas Dukcapil di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten agar bergerak aktif mendata dan mengganti dokumen yang hilang ataupun rusak tersebut secara gratis.


"Berkenaan dengan musibah banjir ini, banyak dokumen kependudukan yang hilang dan rusak. Sebagaimana langkah Dukcapil setiap ada bencana seperti gempa NTB, Tsunami di Banten dan Lampung serta Sulteng dan lainnya, kita langsung bergerak aktif mendata dan mengganti dokumen yang hilang rusak tersebut dengan gratis," ujar Zudan, Jumat (3/1/2020).

Dokumen kependudukan yang dimaksud seperti e-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran. Dukcapil menjamin pengurusan dokumen yang hilang tidak dipungut biaya.


Bagaimana dengan ketersediaan blanko e-KTP? Dukcapil menjamin keperluan blanko tercukupi.

"Kami dari pusat akan memberikan pendampingan seperti biasanya. Tolong segera dilakukan mulai hari ini atau setelah banjir surut," kata Zudan.

Simak Video "Tinjau Lokasi Banjir, Menkes Terawan Prihatin Banyak Bangkai Tikus"

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/gbr)