Round-Up

Tak Hanya dengan Basuki, Anies Juga Silang Pendapat dengan Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 08:47 WIB
Foto: Ilustrasi banjir Jakarta (Mindra Purnomo)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali silang pendapat dengan pemerintah pusat mengenai banjir. Setelah sebelumnya dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Anies lalu silang pendapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Silang pendapat antara pemimpin berawal dari pernyataan Jokowi mengenai faktor penyebab banjir di Jabodetabek pada awal tahun 2020 ini. Jokowi menyebut salah satu faktor penyebab banjir di Jabodetabek karena warga yang membuang sampah sembarangan.

"Pemerintah pusat, pemprov, pemkab, pemkot, semuanya bekerja sama dalam menangani ini karena ada yang disebabkan oleh kerusakan ekosistem, kerusakan ekologi yang ada tapi juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana, banyak hal," ujar Jokowi kepada wartawan di kantor Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (2/1/2020).



Jokowi ingin pemerintah dari tingkat pusat sampai ke daerah bersinergi menangani masalah banjir. Dia menegaskan keselamatan warga adalah yang utama.

"Tetapi saya ingin agar kerja sama itu dibangun pusat, provinsi, dan kabupaten/kota sehingga semuanya bisa tertangani dengan baik. Tapi yang paling penting pada saat kejadian seperti yang sekarang ini evakuasi korban banjir. Keselamatan keamanan masyarakat harus didahulukan," tutur Jokowi.

Presiden Jokowi.Presiden Jokowi. (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Simak Video "Soal Banjir Jakarta, Jokowi Minta Hal Ini Diperhatikan"


Selanjutnya
Halaman
1 2