Begini Amukan 3 Sungai Cileungsi-Cikeas-Bekasi Sapu PGP-Kemang Pratama

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 08:05 WIB
Akibat banjir di Pondok Gede Permai (rengga/detikcom)
Bekasi - Banjir menyapu sepanjang aliran Sungai Cikeas-Sungai Cileungsi. Perumahan di wilayah Bogor hingga Bekasi habis ditelan air dengan arus yang sangat kuat.

Salah satu titik yang terkena adalah Perumahan Pondok Gede Permai (PGP). "Pada Rabu (1/1) pukul 10.00 WIB, air sungai masih terkendali. Mobil oleh warga dievakuasi ke jalan yang lebih tinggi," kata tokoh masyarakat setempat, Tian saat berbincang dengan detikcom, Jumat (3/1/2020).

Namun tembok sungai yang menahan arus Sungai Cileungsi tidak kuat menahan arus air. Sekitar pukul 10.30 WIB, tembok jebol. Arus air langsung menyerbu perumahan dan menyeret mobil-mobil yang ada di tempat lebih tinggi. PGP masih masuk wilayah Bogor. Setelah gerbang PGP, masuk wilayah Bekasi.

"Mobil terseret. Tidak menyangka akan setinggi itu," ujar Tian.

Sungai Cileungsi bertemu dengan Sungai Cikeas menjadi muara di kawasan tersebut. Dua sungai itu kemudian bersatu menjadi Sungai Bekasi.

Di lokasi muara itu, dibangun Perumahan Villa Nusa Indah dan Perumahan Pondok Gede Permai. Terdapat pula Komplek Kemang IFI Graha. Di kawasan ini, terdapat pusat pendidikan Al-Fajar, minimarket hingga cluster perumahan baru. Bagi rumah yang berada di titik rendah, semua tersapu banjir.

"Parah dari mulai kaca depan, samping, spion, kiri kanan, tapi kalau mesin tidak tau, tapi kerusakan cukup parah," ungkap pemilik kendaraan yang tersapu banjir, Sihabudin.
Begini Amukan 3 Sungai Cileungsi-Cikeas-Bekasi Sapu PGP-Kemang PratamaLokasi mobil bertubrukan 30 menit sebelum terjadi banjir bandang. Lokasi masih aman sehingga buat menaruh mobil.

Selepas pertemuan dua sungai itu, Sungai Bekasi juga meliuk-liuk membelah Bekasi. Alhasil, perumahan sepanjang sungai itu terkena imbasnya. Salah satunya komplek mewat Perumahan Kemang Pratama.

"Jadi semua sistem pertahanan air ini memang jebol. Ini menjadi sebuah tantangan bagaimana sebuah 'engineering' bisa mengatasi," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau lokasi bersama Bupati Bogor Ade Yasin di Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Kamis.

Begini Amukan 3 Sungai Cileungsi-Cikeas-Bekasi Sapu PGP-Kemang PratamaFoto: Peta banjir di Bekasi (google)

Di Kemang Pratama, banjir paling tinggi mencapai 2 meter yaitu rumah yang paling dekat dengan sungai. Adapun jalanan utama di Kemang Pratama, lumpuh karena air tidak bisa dilintasi kendaraan.

"Seperti habis kena tsunami. Lihat saja di sekeliling kita sisa-sisa banjirnya," kata Andro (36), warga Kemang Pratama.

Simak Video "Dramatis! Evakuasi Warga Kampung Somang di Derasnya Arus Sungai"

[Gambas:Video 20detik]



(asp/mae)