PKB Desak Pemprov DKI Tetapkan Status Darurat Bencana Banjir

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 01:10 WIB
Ketua DPP PKB Marwan Dasopang saat mendampingi Mensos Juliari (Foto: dok. PKB)
Jakarta - PKB mendesak Pemprov DKI Jakarta segera menetapkan status darurat bencana terkait bencana banjir yang melanda Ibu Kota. Sebab, banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya tersebut telah merenggut korban jiwa dan memicu ribuan pengungsi.

"Dampak banjir Ibu Kota tahun ini tergolong luar biasa. Banyak korban jiwa, ribuan pengungsi, hingga kerugian material dari warga yang sangat besar," ujar Ketua DPP PKB Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana Marwan Dasopang setelah melakukan kunjungan wilayah terdampak banjir bersama Menteri Sosial Juliari Batubara kepada wartawan, Kamis (2/1/2020).



Marwan menjelaskan, dengan menetapkan status darurat bencana, Pemprov DKI akan mudah mengambil langkah penanggulangan bencana. Menurutnya, dengan menimbang luasan bencana maupun dampak yang ditimbulkan, Pemprov DKI membutuhkan langkah cepat, baik tahap tanggap darurat maupun rehabilitasi pascabencana.

"Dengan status darurat bencana tersebut, Pemprov DKI juga bisa meminta bantuan kepada pemerintah pusat guna memudahkan proses tanggap darurat maupun rehabilitasi pascabencana," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2