Hendropriyono Dorong Anak Indonesia Ambil Studi Sains di Mesir

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 14:48 WIB
AM Hendropriyono (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta - Abdullah Mahmud (AM) Hendropriyono, melihat jumlah ilmuwan lulusan studi Islam dari Indonesia sudah banyak. Kini yang perlu diperbanyak adalah ilmuwan bidang sains. Maka anak Indonesa yang hendak belajar ke Mesir disarankannya mengambil disiplin studi ilmu pengetahuan.

"Buat apa jauh-jauh belajar ke luar negeri kalau hanya bertumpu pada satu disiplin ilmu saja, jadi saatnya kalian anak-anakku memilih jurusan-jurusan sains dan ilmu pengetahuan teknologi, agar bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain," kata mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) sekaligus guru besar filsafat intelijen ini, lewat keterangan pers tertulis, Kamis (2/1/2020).



AM Hendropriyono berbicara kepada mahasiswa Indonesia di Kairo, Mesir, di sela kegiatan kursus singkat Filsafat Islam yang diikutinya di kampus Al Azhar. Dia melihat kampus Al Azhar di Mesir juga punya jurusan sains dan teknologi berkualitas bagus. Maka anak-anak Indonesia bisa mengenyam pendidikan itu di Mesir.

Di sisi lain, kampus-kampus di Tanah Air juga sudah banyak melahirkan ilmuwan-ilmuwan ahli Islam. Kampus-kampus itu antara lain Institut Agama Islam Negeri (IAIN) atau Universitas Islam Negeri (UIN). Alumni-alumni dari kampus tersebut sudah berperan dalam kehidupan bangsa.
Selanjutnya
Halaman
1 2