Temui Rudolf Pardede, Ihwan Ritonga Dapat Pesan Pilih 'Pasangan' Muslim

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 13:47 WIB
Foto: Ihwan Ritonga bertemu Rudolf Pardede (dok. Istimewa)
Medan - Wakil Ketua DPRD Kota Medan dari Fraksi Gerindra, Ihwan Ritonga, bersilaturahmi dengan mantan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Rudolf Pardede. Pertemuan itu membahas rencana Ihwan maju sebagai calon wali kota Medan.

"Izin ke beliau dan minta pandangan terkait 2020 untuk maju Wali Kota Medan," kata Ihwan kepada wartawan, Kamis (2/1/2020).



Dia mengklaim Rudolf mendukung dirinya untuk maju di Pilkada Medan 2020. Ihwan juga menyebut Rudolf, yang pernah menjadi Ketua PDIP Sumut, berpesan agar mencari pasangan cawalkot yang kuat.

"Ternyata dia dukung penuh sama kita Rudolf M Pardede dan keluarga dukung penuh," ucapnya.

"Pesannya cari pasangan yang kuat dan beragama muslim, 'Saya (Rudolf, red) orang Kristen pengennya saya pelangi tapi kondisi Medan belum saat politik pelangi'," sambung Ihwan.

Dia juga bercerita hubungannya dengan Rudolf sudah berlangsung lama. Rudolf memang sempat menjadi Dewan Pembina Gerindra Sumut.

Ihwan sendiri saat ini telah mendaftar ke Gerindra, PDIP, Golkar, PAN, NasDem, dan Demokrat untuk diusung sebagai cawalkot Medan. Ihwan bersaing ketat dengan menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, yang juga berharap dukungan dari partai-partai politik untuk maju sebagai cawalkot Medan.



Nama Ihwan dan Bobby juga muncul dalam survei popularitas menjelang Pilwalkot Medan yang dirilis City Research Center (CRC). Nama Ihwan masih berada di urutan teratas dengan angka 19,7 persen, disusul Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution pada urutan kedua dengan 13,4 persen dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution, di angka 9,7 persen dan Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, di angka 5,6 persen. (haf/tor)