ADVERTISEMENT

Komisi VIII DPR Desak BNPB-Pemda Tangani Warga Terdampak Banjir Jabodetabek

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 12:16 WIB
Banjir di kawasan Pasar Baru (Foto: Pradita Utama-detikcom)
Jakarta - Komisi VIII DPR mendesak kepada BNPB, Kementrian Sosial (Kemensos), BPBD dan Dinas Sosial untuk siap siaga menghadapo banjir yang melanda di sebagain wilayah Jabodetabek. Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily mengatakan sesungguhnya BMKG telah memprediksi curah hujan yang akan melanda wilayah Jabodetabek sangat tinggi.

"Saya mendesak kepada BNPB, Kementerian Sosial, BPBD dan Dinas Sosial di masing-masing daerah untuk siap siaga menghadapi banjir yang hampir merata di berbagai daerah, terutama di daerah Jabodetabek," kata Ace dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/1/2020).

"Kewaspadaan menghadapi bencana, terutama banjir, menurut prediksi BMKG disebabkan tingginya curah hujan. Bahkan BMKG mengatakan bahwa puncak curah hujan tinggi akan terjadi pada bulan Februari 2020. Ini artinya kemungkinan bencana banjir tetap harus diwaspadai," sambungnya.



Untuk pemerintah daerah (pemda), Ace meminta warga yang terdampak banjir dipersiapakan tempat tinggal sementara. Dia meminta pemerintah daerah memberikan lokasi aman sementara bagi warga.

"Selain itu, tentu kami berharap kepada Pemerintah Daerah untuk mempersiapkan posko-posko banjir yang ditujukan sebagai tempat mengungsi warga yang merupakan daerah aman untuk dijadikan sebagai tempat tinggal sementara warga," ujarnya.

Simak Video "Atasi Banjir, Anies Minta Jajarannya Jangan Kasih Kendor"


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT