Ungkap Pangkal Masalah, Jokowi Minta Pusat-Daerah Tangani Banjir DKI

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 10:08 WIB
Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersama-sama menangani banjir di Jakarta dan sekitarnya. Jokowi lantas menyampaikan 2 faktor terjadinya banjir.

"Pemerintah pusat, pemprov, pemkab, pemkot, semuanya bekerja sama dalam menangani ini karena ada yang disebabkan oleh kerusakan ekosistem, kerusakan ekologi yang ada tapi juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana, banyak hal," ujar Jokowi kepada wartawan di kantor Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (2/1/2020).


Sejumlah titik memang masih terpantau belum surut. Banjir diakibatkan hujan ekstrem di awal tahun.

"Tetapi saya ingin agar kerja sama itu dibangun pusat, provinsi, dan kabupaten/kota sehingga semuanya bisa tertangani dengan baik. Tapi yang paling penting pada saat kejadian seperti yang sekarang ini evakuasi korban banjir. Keselamatan keamanan masyarakat harus didahulukan," tutur Jokowi.


Pemerintah pusat tengah menyiapkan Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi guna mengendalikan banjir di Jakarta dan sekitarnya. Masalah penanganan secara infrastruktur akan dibahas setelah penanganan banjir usai.

"Nanti urusan penanganan banjir secara infrastrukturnya akan kita bicarakan setelah penanganan evakuasi selesai," jelas Jokowi.



Simak Video "Jabodetabek Banjir, Jokowi: Pusat dan Pemda Harus Sinergi"

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/gbr)